HOME, Keluarga

5 Manfaat Bermain di Luar Ruangan bagi Anak, Bikin Lebih Percaya Diri!

5 Manfaat Bermain di Luar Ruangan bagi Anak, Bikin Lebih Percaya Diri!

MOMSMONEY.ID - Di era serba digital seperti saat ini, mungkin cenderung sulit untuk menemukan anak-anak yang bermain di luar ruangan. Sebaliknya, lebih banyak anak-anak yang disibukkan dengan aktivitas bermain gadget atau video game di dalam ruangan.

Dibandingkan anak yang gemar menarik diri di dalam ruangan, anak-anak yang lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan sekalipun hanya untuk bermain cenderung mampu berinteraksi dengan lebih efektif loh, Moms.

Selengkapnya, berikut 5 manfaat bermain di luar ruangan bagi anak-anak, dilansir dari Miracle Recreation, MomJunction, dan Firstcry Parenting.

Baca Juga: Sedang Mengalami Parental Burnout? 5 Hal Sederhana Ini Bisa Membantu Meredakannya

1. Meningkatkan keterampilan motorik

Bermain di luar ruangan akan membuat keterampilan motorik anak menjadi jauh lebih maju dibandingkan anak-anak yang selalu beraktivitas dalam ruangan. Keterampilan motorik ini termasuk koordinasi, keseimbangan, dan kelincahan.

Saat anak terbiasa bermain di luar ruangan, mereka akan cenderung bergerak dengan cara yang menantang otot, tulang, dan ketahanan fisik. Pada akhirnya, kebiasaan bermain di luar ruangan akan melatih kemampuan fisik anak, memperkuat tubuh, sekaligus meningkatkan rasa percaya diri anak terhadap kemampuannya sendiri.

2. Meningkatkan kesehatan

Perkembangan fisik sama pentingnya dengan perkembangan mental. Bermain di luar ruangan dapat menjadi latihan yang sangat baik bagi anak-anak untuk mengembangkan fisik mereka. Ketika anak-anak menikmati permainan di luar ruangan, mereka akan mengalami peningkatan aktivitas fisik yang pada gilirannya akan sekaligus meningkatkan energi serta stamina mereka sepanjang hari.

Selain itu, bermain di luar ruangan juga akan meningkatkan kebugaran dan kekebalan tubuh anak dengan cara melenturkan otot, memperkuat persendian, serta meningkatkan kelincahan. Plus, anak akan mudah mendapatkan asupan sinar matahari yang dibutuhkan saat mereka bermain di luar ruangan baik sendiri maupun bersama teman-temannya.

3. Membangkitkan rasa ingin tahu dan mengembangkan kreativitas

Hal-hal sekecil apapun yang anak temukan ketika mereka bermain di luar ruangan tetap dapat memukau dan menarik inspirasi mereka. Baik itu bermain pasir di area bermain atau berlarian bersama teman-teman di halaman sekolah, menghabiskan waktu di luar ruangan mampu secara efektif meningkatkan kreativitas mereka.

Bermain di luar ruangan akan memberikan anak ruang terbuka yang minim batasan sehingga bisa memberikan mereka kebebasan yang lebih banyak sekaligus membangkitkan imajinasi mereka. Yang tidak kalah penting, permainan di luar ruangan akan membantu anak untuk cepat belajar dan menerima banyak informasi.

4. Meningkatkan rentang perhatian

Salah satu manfaat utama dari bermain di luar ruangan dan menghabiskan waktu di alam adalah meningkatkan perhatian terutama bagi anak kecil yang mengidap ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Tak sampai di situ, bermain di luar ruangan juga diklaim dapat meningkatkan kinerja anak di sekolah.

Tidak seperti aktivitas di dalam kelas, menikmati waktu di luar ruangan merupakan bagian dari rekreasi. Meskipun begitu, bermain di luar ruangan tetap membutuhkan konsentrasi yang mana konsentrasi yang baik erat kaitannya dengan kesehatan mental yang baik pula.

5. Meningkatkan keterampilan komunikasi

Ketika anak berada di taman bermain atau taman, mereka memiliki banyak kesempatan untuk bertemu dengan anak-anak lainnya sekaligus memupuk persahabatan. Saat anak Anda berhasil mendapatkan teman baru serta mampu berbicara satu sama lain dan bermain secara bergiliran tanpa pengawasan orang dewasa, besar kemungkinan anak akan memperoleh dan meningkatkan keterampilan sosial serta komunikasi mereka tanpa disadari.

Faktanya, keterampilan sosial dan komunikasi yang baik perlu diasah sedari dini karena dapat sangat bermanfaat bagi masa depan anak.

Jadi, pastikan mendorong anak Anda untuk bermain di luar ruangan bersama anak-anak lainnya terutama ketika mereka sudah menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News