Bugar

5 Manfaat Air Rendaman Kurma untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

5 Manfaat Air Rendaman Kurma untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

MOMSMONEY.ID - Manfaat air rendaman kurma untuk kesehatan sebenarnya mirip dengan infused water pada umumnya.

Sebab, air ini juga memakai buah yang direndam dalam air selama semalaman untuk memberikan aroma dan rasa pada air tersebut.

Nah, Anda bisa mendapatkan manfaat air rendaman kurma dari nutrisi yang terdapat di dalam buah kurma itu sendiri.

Selain memberikan kesegaran, masih banyak lagi manfaat air rendaman kurma yang bisa Anda dapatkan seperti dilansir dari Mayo Clinic berikut ini:

Baca Juga: Kenali Manfaat Jeruk Nipis, Bisa Sembuhkan Batuk sampai Gangguan Pencernaan

1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Manfaat air rendaman kurma untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Air rendaman kurma dapat digunakan sebagai alternatif untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Tak hanya itu, air rendaman kurma juga lebih menyehatkan daripada jenis minuman manis lainnya, seperti teh manis, soda, atau jus kemasan.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat air rendaman kurma untuk kesehatan yang kedua adalah melancarkan sistem pencernaan. Dehidrasi dapat memicu terjadinya sembelit.

Inilah yang menjadi manfaat air rendaman kurma lainnya, memberikan serat pada tubuh yang dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar. 

3. Meningkatkan energi

Manfaat air rendaman kurma untuk kesehatan yang ketiga adalah meningkatkan energi karena mengandung karbohidrat dan gula.

Hal ini menjadikan air rendaman kurma baik dikonsumsi untuk mengatasi rasa lelah, baik setelah berolahraga atau menderita kondisi tertentu. 

Baca Juga: Sederet Manfaat Infused Water yang Diminum Sebelum Berolahraga

4. Obat untuk berbagai macam penyakit

Tidak hanya menstabilkan gula darah dan menyehatkan jantung, air rendaman kurma juga memiliki kandungan berbagai antioksidan.

Mulai dari asam fenolik, karotenoid, hingga flavonoid. Kandungan ini dapat membantu mengurangi terjadinya peradangan, sekaligus menurunkan risiko tubuh mengalami banyak penyakit. 

5. Mengontrol gula darah

Manfaat air rendaman kurma untuk kesehatan yang terakhir adalah mengontrol gula darah. Meski memiliki rasa manis, tetapi kurma tidak menyebabkan peningkatan gula darah.

Hal tersebut menjadikan air rendaman kurma baik dikonsumsi sebagai altenatif bagi Anda yang ingin membatasi asupan gula.

Namun, agar tetap sehat, air rendaman kurma yang dikonsumsi sebaiknya tidak ditambahkan gula atau pemanis tambahan.

Itulah beberapa manfaat air rendaman kurma untuk kesehatan yang jarang diketahui dan bisa Anda konsumsi rutin untuk merasakan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News