Bugar

5 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Migrain

5 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Migrain

MOMSMONEY.ID - Penyakit migrain atau sakit kepala sebelah memang membuat tubuh jadi tidak nyaman. Saat kambuh, rasa sakit akibat migrain bisa berdenyut sampai menggangu aktivitas.   

Bahkan, menurut catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya separuh penduduk dunia berusia dewasa mengeluhkan sakit kepala setiap tahun.  

Ada beberapa hal yang bisa memicu kambuhnya migrain, salah satunya adalah makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Baca Juga: Ini 5 Ciri Awal Penyakit Ginjal yang Perlu Anda Ketahui, Catat!

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari agar migrain tidak semakin parah seperti yang dirangkum dari Health Focus, antara lain:

Makanan dan minuman dengan pemanis buatan

Pemanis buatan seperti aspartam yang biasanya ditambahkan dalam makanan atau minuman juga bisa memicu serangan migrain. 

Tapi berdasarkan sebuah penelitian, sebagian orang mengalami peningkatan frekuensi migrain setelah mengonsumsi makanan yang mengandung aspartam dalam kadar yang tinggi. 

Minuman beralkohol

Alkohol merupakan faktor kuat yang memicu serangan migrain karena dapat menyebabkan dehidrasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa alkohol menjadi pemicu migrain pada 25 persen pengidap migrain harian, dikutip dari Healthline.

Keju

Keju memang mengandung vitamin A, kalsium, dan protein yang baik untuk tubuh. Namun apabila yang dikonsumsi adalah keju tua atau sudah disimpan dalam waktu lama, maka bisa jadi menyebabkan migrain.

Hal ini dikarenakan keju tua mengandung tyramine yang memicu migrain. Semakin lama keju disimpan, kandungan tyramine seperti gouda, feta, dan gruyere semakin tinggi.  

Baca Juga: Waspadai! Inilah 5 Gejala Nyeri Pergelangan Tangan yang Perlu Anda Ketahui

Kafein 

Kafein yang ditemukan dalam kopi, teh, soda, dan minuman berenergi memang efektif mengurangi sakit kepala seperti migrain.

Namun terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat memicu serangan migrain dalam bentuk nyeri punggung.   

Cokelat 

Cokelat mengandung magnesium dosis tinggi yang dapat membantu meredakan kram dan nyeri menstruasi. Tapi di sisi lain, cokelat juga bisa memicu terjadinya migrain.

Cokelat mengandung kafein yang dapat memperpanjang waktu migrain dan mungkin memperburuknya, dikutip dari Web MD. 

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari agar migrain tidak semakin parah. Jika migrain yang Anda derita sudah berlebihan dan mengganggu aktivitas, segeralah konsultasi dengan dokter agar mendapatkan penangan yang tepat.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News