Keluarga

5 Makanan yang Terbukti Bagus untuk Menyehatkan Kulit, Yuk Konsumsi dengan Rutin!

5 Makanan yang Terbukti Bagus untuk Menyehatkan Kulit, Yuk Konsumsi dengan Rutin!

MOMSMONEY.ID - Sebagian orang beranggapan bahwa sumber segala penyakit datangnya dari makanan yang tidak sehat. Anggapan ini agaknya memang tidak bisa disangkal.

Mungkin selama ini tidak sedikit orang yang mengeluhkan penampilan kulit mereka yang tidak prima tanpa mau menoleh ke menu makanan apa saja yang sering mereka konsumsi. Padahal, kulit yang sehat nan cantik tidak hanya akan tercipta dari berbagai jenis skincare yang digunakan melainkan juga harus diimbangi dengan makanan sehat untuk merawatnya dari dalam.

Nah, kira-kira apa sajakah makanan yang terbukti bagus untuk menyehatkan kulit? Melansir Dermstore, inilah beberapa di antaranya.

Baca Juga: Kenali 4 Jenis Produk Hair Treatment dan Perbedaan Fungsinya!

1. Steak

Memasuki usia 20 tahun, umumnya kulit akan kehilangan sekitar 1% kolagen per tahunnya. Seiring berjalannya waktu, kulit akan mulai melorot dan terlihat kempes. Oleh sebab itu, protein tanpa lemak sangat disarankan untuk dikonsumsi mengingat kandungan asam amino yang ada di dalamnya mampu membantu produksi kolagen.

Rekomendasi makanan yang termasuk sumber protein tanpa lemak adalah potongan daging sirloin dan filet mignon yang biasa disajikan dalam bentuk steak. Sumber protein tanpa lemak lainnya yang patut dikonsumsi untuk menciptakan kulit sehat dan cantik adalah telur, ayam atau kalkun tanpa kulit, kacang-kacangan, ikan, kerang, tahu, kedelai, dan biji-bijian seperti quinoa.

2. Paprika

Paprika terutama yang berwarna kuning terkenal kaya akan vitamin C serta nutrisi penting lainnya yang berguna untuk sintesis kolagen serta mencegah kerusakan elastin. Elastin sendiri merupakan protein yang ditemukan dalam jaringan ikat untuk memberikan elastisitas pada kulit. Keberadaan elastin memungkinkan kulit untuk memantul kembali setelah diregangkan.

Selain paprika, sumber kaya vitamin C lainnya dapat ditemukan dalam jambu biji, kiwi, brokoli, sayuran hijau, stroberi, jeruk, tomat, dan pepaya.

3. Tiram

Tidak hanya rendah lemak dan rendah kalori, tiram juga tinggi protein serta kaya akan tembaga yang berguna untuk bekerja sama dengan vitamin C dan protein dalam membangun kolagen dan elastin.

Kendati demikian, tiram bukanlah satu-satunya makanan yang mengandung tembaga tinggi, karena ada berbagai makanan lainnya yang memiliki kandungan tersebut di antaranya dark chocolate, hati, kerang, kangkung mentah, jamur shitake, wijen, biji bunga matahari, kacang mete, kedelai, dan kacang-kacangan seperti kacang arab dan lentil.

4. Sayuran dan buah non-hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, sawi, bayam, dan brokoli populer dengan kandungan fitonutrien-nya yang tinggi. Fitonutrien adalah istilah ilmiah untuk bahan kimia alami yang memberikan warna cerah pada tanaman dan telah terbukti mampu membantu meningkatkan ketahanan kulit terhadap sinar UV serta melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari penyebab kulit kusam, garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik penuaan. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi fitonutrien akan menciptakan kulit yang sehat, awet muda, dan bercahaya.

Namun, sayuran hijau bukanlah satu-satunya bahan makanan yang mengandung fitonutrien. Karena, fitonutrien juga dapat ditemukan dalam sayur dan buah berwarna-warni yang juga mengandung antioksidan untuk membantu memerangi inflamasi pada kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Beberapa sayur dan buah non-hijau yang mengandung fitonutrien serta bermanfaat untuk memberikan perlindungan optimal pada kulit adalah sebagai berikut:

  • Merah (tinggi likopen): jambu biji, semangka, tomat, pepaya, jeruk bali, paprika merah, cabai merah, kubis merah, anggur merah, dan ceri.
  • Oren (tinggi beta-karoten): ubi jalar, wortel, labu, melon, aprikot, dan persik.
  • Kuning (tinggi lutein dan zeaxanthin): labu kuning dan jagung.

5. Makanan tinggi vitamin E dan omega-3

Kehilangan kelembaban merupakan efek penuaan yang tidak dapat dihindari. Ketika kulit kekeringan, maka hidrasi sangat perlu dilakukan untuk mengurangi penampakan garis-garis halus dan kerutan.

Cara termudah untuk mengembalikan kelembaban kulit adalah dengan banyak minum air guna mengisi kembali sel-sel kulit dan mencegah hilangnya kelembaban lebih lanjut. Selain itu, mengonsumsi vitamin E dan asam lemak omega-3 juga amat disarankan untuk membantu melembabkan dan melumasi sel-sel kulit agar tampak kenyal dan dewy.

Adapun beberapa makanan kaya vitamin E antara lain biji bunga matahari, almond, bayam, alpukat, kacang tanah, lobak, asparagus, buah bit, dan sawi. Sementara itu, sumber omega-3 terbaik dapat ditemukan dalam biji rami, kenari, sarden, salmon, daging sapi pemakan rumput, kedelai, dan tahu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News