HOME, Bugar

5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Batu Empedu

 5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Batu Empedu

MOMSMONEY.ID - Kantong empedu mengalirkan cairan empedu yang diproduksi oleh hati ke usus kecil untuk membantu mencerna makanan, terutama makanan berlemak. Menjadi masalah ketika kolesterol sudah menumpuk dan menyumbat saluran empedu, dilansir dari Medical News Today.

Pada tahap itu muncul gejala batu empedu. Gejalanya sendiri beragam, umumnya dapat menimbulkan rasa nyeri pada perut bagian atas atau punggung belakang, mual, muntah, dan masalah pencernaan lainnya.

Kondisi ini sangat mengganggu bahkan menghambat aktivitas harian Anda. Jika Anda memiliki batu empedu, selain minum obat, menjaga dan memilih makanan itu penting.

Penderita batu empedu harus menjaga gaya hidupnya, terutama pilihan makanan. Penting untuk memerhatikan makanan yang dikonsumsi saat memiliki masalah batu empedu. Berikut makanan yang sebaiknya dikonsumsi penderita batu empedu.

Baca Juga: Luar Biasa! Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan kaya serat tinggi yang baik untuk pencernaan. Kandungan serat di jenis kacang seperti kacang merah, almond, dan kacang polong membantu menjaga kesehatan kantong empedu dan aman jika memiliki masalah batu empedu.

Biji-bijian juga rendah kolesterol yang bisa mencegah pembentukan batu empedu.

2. Minyak ikan dan minyak zaitun

Minyak ikan yang kaya omega-3 dapat membantu mengurangi risiko timbulnya batu empedu. Konsumsi minyak ikan dan minyak zaitun juga dapat membantu pengosongan kantung empedu secara sehat dan teratur.

3. Sayur dan buah

Makanan yang kaya buah-buahan dan sayuran juga dapat menurunkan risiko batu empedu simptomatik yang menyebabkan pengangkatan kandung empedu.

Makanan kaya serat juga bisa memberikan perlindungan terhadap batu empedu. Buah dan sayuran yang kaya sera termasuk apel, blackberry, pir, brokoli dan wortel yang dimasak.

4. Daging rendah lemak

Daging merah yang tinggi lemak umumnya bukan merupakan makanan yang baik bagi penderita batu empedu. Karena itu, gantilah daging merah dengan daging ayam tanpa kulit atau ikan, karena kedua jenis makanan ini mengandung lemak yang lebih sedikit.

5. Kopi

Konsumsi kopi yang sehat juga memainkan peran penting dalam menjaga kantong empedu berfungsi dengan benar. Satu atau dua cangkir kopi dalam sehari akan membantu menurunkan risiko batu empedu.

 Baca Juga: Beberapa Jenis Vitamin B dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Memilih makanan yang tepat untuk penderita batu empedu dapat meringankan gejala dan mencegah penyakit ini muncul kembali.

Namun, jika gejala batu empedu masih juga kambuh atau bahkan bertambah parah, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Selanjutnya: 5 Makanan Sehat Ini Bisa Menyembuhkan Bibir Pecah-Pecah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News