HOME, Bugar

5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Stroke

5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Stroke

MOMSMONEY.ID - Mengatur pola makan yang tepat dengan mematuhi anjuran dan pantangan makanan bagi penderita stroke dapat mencegah kambuhnya gejala penyakit stroke di kemudian hari.

Dengan menjaga asupan makanan sehat dapat menurunkan faktor risiko penyebab stroke, seperti kadar kolesterol yang berlebih, tekanan darah yang tinggi, dan kegemukan atau obesitas.

Memang, pantangan makanan stroke ringan tergantung dari kondisi masing-masing orang. Akan tetapi, alangkah baiknya Anda menghindari beberapa jenis makanan berikut ini. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari agar stroke tidak kambuh dan semakin parah.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan Tubuh

1. Makanan tinggi garam

Makanan tinggi garam mengandung natrium yang dapat memicu lonjakan tekanan darah. Bila tidak dikendalikan, Anda rentan mengalami hipertensi yang bisa memicu stroke datang kembali. Untuk itu, Anda perlu membatasi garam dan natrium dalam setiap masakan. 

Usahakan untuk tidak mengonsumsi natrium lebih dari 1.500 miligram setiap harinya yang setara dengan satu sendok teh garam.

2. Daging merah

Salah satu pantangan makanan stroke ringan adalah daging merah.Sebuah hasil studi mengungkapkan bahwa konsumsi daging merah dapat meningkatkan risiko stroke kambuh.Sebagai solusinya, Anda bisa mendapatkan asupan protein melalui ikan atau daging putih tanpa lemak agar terhindar dari risiko kekambuhan stroke.

3. Makanan tinggi gula

Setelah serangan stroke sebaiknya Anda membatasi makanan dan minuman yang tinggi gula. Konsumsi gula berlebih dapat merusak pembuluh darah serta mengakibatkan obesitas. Jika kedua hal ini terjadi, bukan tidak mungkin stroke kembali menyerang. 

Untuk itu, batasi asupan gula harian Anda. Batas konsumsi gula maksimal per hari adalah 4 sendok makan.

4. Makanan olahan

Pantangan makanan stroke ringan berikutnya adalah makanan olahan.Makanan olahan, seperti makanan ringan kemasan, makanan beku, makanan kaleng, makanan cepat saji, saus kemasan, dan produk lainnya tidak dianjurkan bagi penderita stroke.

Sebab, sebagian besar makanan olahan mengandung tinggi nitrat dan garam yang dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri sehingga meningkatkan risiko stroke kambuh.

5. Minuman beralkohol

Selain pantangan makanan stroke ringan di atas, minuman beralkohol juga dapat meningkatkan risiko stroke kambuh.Umumnya, pria dan wanita yang sehat tidak boleh minum minuman beralkohol lebih dari dua gelas per hari. Untuk orang yang pernah mengalami stroke, sebaiknya konsultasikan ke dokter kapan Anda boleh mengonsumsi alkohol setelah terkena stroke.

Selain memerhatikan makanan untuk penderita stroke, Anda juga perlu melakukan pola hidup sehat lainnya, seperti olahraga guna menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar setelah stroke.

Selanjutnya: Manfaat Kucai, Bisa Mencegah Kanker Sampai Menjaga Kesehatan Otak 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News