ads

5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Reporter: Helvana Yulian
Senin, 03 Januari 2022 | 12:25 WIB
5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

ILUSTRASI. 5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung


MOMSMONEY.ID - Penyakit asam lambung memiliki nama lain, yaitu gastroesophageal reflux disease (GERD). Pada pengidapnya, gejala minimal muncul 2 kali dalam seminggu.

Kondisi ini tidak pandang bulu, bisa dialami oleh siapa pun, tidak terkecuali anak-anak. Gejalanya nyeri dada yang muncul sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner.

Dilansir dari Mayo Clinic dan Medical News Today, berikut ini adalah makanan yang harus dihindari penderita asam lambung:

Baca Juga: Gejala Penyakit Asam Lambung yang Perlu Diwaspadai

1. Makanan pedas

Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung pertama adalah makanan pedas. Makanan pedas mengandung capsaicin, yaitu senyawa yang lambat dicerna oleh tubuh.

Senyawa tersebut memicu naiknya asam lambung dengan cepat, bahkan mampu mengiritasi tenggorokan secara langsung.

2. Bawang bombay

Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung kedua adalah bawang bombay. Sama halnya dengan bawang putih, bawang bombay menjadi bahan makanan yang mengandung asam.

Terutama saat masih mentah. Jika ingin mengonsumsinya, disarankan dalam porsi tepat dan saat asam lambung tidak sedang kambuh.

3. Tomat

Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung ketiga adalah tomat. Tomat memiliki kandungan asam yang tinggi seperti buah citrus.

Bagi pengidap asam lambung, tomat dapat memicu naiknya asam lambung. Selain tomat segar, pengidap juga perlu menghindari berbagai olahan tomat, seperti saus.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Hilangkan Stretch Mark yang Menggangu

4. Merica

Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung keempat adalah merica. Merica memiliki rasa yang cenderung pedas.

Oleh karena hal tersebut, membuat merica harus dihindari oleh pengidap asam lambung. Rempah yang satu ini dapat memicu naiknya kadar asam lambung, sehingga gejala pun muncul.

5. Bawang putih

Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung kelima adalah bawang putih. Bawang putih menjadi bumbu dapur yang utama. Bahan alami ini juga baik bagi kesehatan jantung.

Namun, tahukah kamu bahan alami ini dapat menyebabkan mulas? Di samping itu, bawang putih dapat berdampak pada naiknya asam lambung jika dikonsumsi secara berlebihan.

Itulah makanan pantangan asam lambung beserta makanan lain yang tidak boleh dikonsumsi saat asam lambung kambuh. Jika kamu mengalami gangguan kesehatan yang satu ini, silahkan diskusikan dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TOPIK TERPOPULER