Bugar

5 Makanan yang Dilarang untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

5 Makanan yang Dilarang untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Makanan yang dilarang untuk ibu hamil ada beragam dan perlu Anda perhatian karena asupan yang diperoleh janin dari ibunya selama dalam kandungan akan berdampak pada kondisi kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Asupan itu bukan hanya nutrisi, tapi bisa juga zat-zat beracun atau bahkan virus dan bakteri. Itulah sebabnya, mengapa beberapa jenis makanan di bawah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Dilansir dari Pregnant Education, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena berisiko menimbulkan gangguan kesehatan:

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! Ini 4 Alat Kontrasepsi yang Bisa Digunakan Untuk Wanita!

Durian

Durian sebenarnya termasuk jenis makanan yang cukup aman dikonsumsi selama kehamilan. Namun, karena mengandung indeks glikemik yang tinggi, konsumsi durian berlebih bisa menyebabkan lonjakan gula darah. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk membatasi asupan durian saat hamil. Terutama bila bumil memiliki masalah kesehatan sebelumnya, seperti diabetes ataupun kolesterol.

Susu tanpa pasteurisasi

Susu merupakan sumber berbagai nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Hal ini juga berlaku untuk produk-produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt.

Namun, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi susu yang diproduksi tanpa proses pasteurisasi, karena berisiko mengandung bakteri Listeria yang dapat menyebabkan infeksi pada kehamilan. 

Ikan yang mengandung merkuri

Tidak dapat dipungkiri bahwa ikan memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Hanya saja, sebagian ikan dapat mengandung banyak merkuri yang bisa berdampak buruk pada kehamilan.

Ikan tuna, makerel, todak, dan hiu adalah contoh ikan yang tidak dianjurkan untuk dimakan oleh ibu hamil. Banyaknya jumlah merkuri yang terdapat dalam ikan-ikan tersebut dapat mengganggu perkembangan saraf janin.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Penyebab dan Cara Mengatasi ASI Rembes Saat Hamil

Daging mentah

Daging mentah atau daging setengah matang dapat mengandung parasit toxoplasma yang berbahaya bagi ibu hamil, karena bisa menyebabkan infeksi pada janin, sekalipun ibu hamil tidak mengalami gejala apa pun.

Sayur mentah

Beberapa jenis kecambah, termasuk taoge dari kacang hijau dan daun semanggi, tidak disarankan untuk dikonsumsi secara mentah. Bakteri pada kecambah sangat sulit dibersihkan hanya dengan proses mencuci, sehingga perlu dimasak hingga matang.

Ibu hamil harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman. Hindarilah jenis-jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil di atas.

Bila perlu, konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil.

Itulah beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News