Bugar

5 Makanan yang Bisa Meredakan Nyeri Tulang dan Otot

5 Makanan yang Bisa Meredakan Nyeri Tulang dan Otot

MOMSMONEY.ID - Makanan yang bisa meredakan nyeri tulang dan otot sangat beragam dan bisa Anda konsumsi untuk meredakan gejalanya. 

Bukan hanya obat, ternyata diperlukan juga makanan jenis tertentu untuk meredam peradangan ini, dikutip dari Everyday Health.

Pada dasarnya, beberapa jenis makanan terbukti efektif menghambat proses peradangan, menguatkan tulang, serta menunjang fungsi sistem daya tahan tubuh. 

Dilansir dari Health Focus, berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa meredakan nyeri sendi dan otot, antara lain: 

Baca Juga: Penyebab Mata Ikan di Tangan dan Kaki yang Perlu Anda ketahui

1. Anggur

Makanan yang bisa meredakan nyeri sendi dan otot pertama adalah anggur. Kulit buah anggur mengandung antioksidan resveratrol yang dapat membantu menangkal radikal bebas.

Selain itu, anggur juga termasuk makanan yang baik untuk tulang dan sendi karena mampu mengurangi peradangan.  

2. Seafood

Makanan yang bisa meredakan nyeri sendi dan otot kedua adalah seafood. Seafood seperti udang, lobster atau kepiting mengandung glukosamin di dalam cangkang dan buntutnya.

Menurut National Institutes of Health (NIH), glukosamin efektif untuk mengurangi nyeri, pembengkakan, dan kaku sendi. 

3. Kacang kedelai

Makanan yang bisa meredakan nyeri sendi dan otot ketiga adalah kacang kedelai karena bisa meningkatkan kekuatan antiradang, rendah lemak, serta tinggi protein dan serat.  

Manfaat lainnya juga bisa didapatkan dari produk olahannya seperti tahu, tempe, dan susu kedelai. Agar lebih sehat lagi, olah kedelai, tahu, atau tempe dengan direbus atau dipanggang.

Baca Juga: Rekomendasi Obat Alami untuk Meredakan Asam Urat

4. Brokoli

Makanan yang bisa meredakan nyeri sendi dan otot selanjutnya adalah brokoli. Kandungan nutrisi dalam brokoli dapat membantu mengatasi peradangan sendi, seperti pada osteoartritis. 

Kandungan sulforafan pada brokoli menjaga kerusakan tulang dan sendi. Sulforafan diduga menghambat enzim yang menyebabkan peradangan pada tulang dan sendi.  

5. Teh hijau

Makanan yang bisa meredakan nyeri sendi dan otot terakhir adalah teh hijau. Antioksidan polifenol yang terkandung di dalamnya bisa mengurangi peradangan sendi.

Selain itu, antioksidan EGCG (epigallocatechin-3-gallate) juga dapat menghambat produksi molekul penyebab kerusakan sendi pada kasus rheumatoid arthritis. 

Itulah beberapa makanan yang bisa meredakan nyeri sendi dan otot dan bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News