Bugar

5 Makanan yang Bagus untuk Perawatan Rambut Sehat dan Indah

5 Makanan yang Bagus untuk Perawatan Rambut Sehat dan Indah

MOMSMONEY.ID - Konsumsi beberapa makanan berikut ini yang baik untuk perawatan dan pertumbuhan rambut. Rambut sehat dan indah tidak hanya didapatkan dari pemakaian produk perawatan rambut, tetapi juga diimbangi dengan makanan yang bergizi. 

Makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari tentu akan berpengaruh pada kondisi tubuh, termasuk rambut.

Oleh karena itu, pentingnya untuk memilih makanan yang bergizi untuk tubuh. Pasalnya, rambut juga membutuhkan nutrisi agar tetap sehat.

Melansir dari realfood.co.id, berikut lima makanan yang bagus untuk rambut, yaitu: 

1. Bayam

Makanan pertama untuk rambut sehat dan indah adalah bayam. Bayam kaya akan vitamin A, zat besi, beta karoten, vitamin C, dan folat.

Semua zat gizi tersebut dapat menjaga rambut tetap lembap dan lentur sehingga Anda terhindar dari masalah rambut, seperti mudah patah dan pecah-pecah.

Bayam juga kaya antioksidan yang dapat membantu mengatasi radikal bebas sehingga mendorong kolagen untuk terus regenerasi.

Dengan begitu, kulit kepala akan senantiasa ternutrisi dan rambut menjadi lebih cepat tumbuh dan sehat.

2. Wortel

Sayuran untuk rambut sehat selanjutnya adalah wortel. Terdapat kandungan vitamin A pada wortel dapat membuat tampilan rambut menjadi lebih berkilau.

Vitamin A yang terkandung pada wortel juga dapat menjaga minyak alami pada rambut dan menjaga kulit kepala dalam kondisi optimal.

Menurut para ahli, makanan yang kaya akan vitamin A, seperti karotenoid dapat membantu melindungi rambut dan kulit kepala dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Baca Juga: 4 Manfaat Witch Hazel untuk Kulit Kepala, Atasi Masalah Ketombe!

3. Telur

Suka makan telur? Telur kaya akan zat besi, protein, dan vitamin B yang disebut biotin dapat merangsang produksi keratin, yaitu sejenis protein yang dapat menjadikan rambut tumbuh lebih lebat dan berkilau.

Kemudian, telur mengandung folat yang dapat membantu proses pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Bagian kuning telur juga mengandung berbagai nutrisi penting yang mampu membuat rambut sehat dan lebih tahan terhadap kerusakan.

4. Daging Tanpa Lemak

Kemudian, daging tanpa lemak juga termasuk makanan yang bagus untuk rambut. Perlu Anda tahu bahwa pertumbuhan rambut bisa melambat atau bahkan berhenti.

Jika rambut berhenti bertumbuh dan rambut yang ada di kepala banyak yang rontok, ini dapat menjadi cikal bakal kebotakan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memenuhi kebutuhan protein harian dari daging tanpa lemak, seperti daging ayam. Jenis daging tersebut tidak mengandung terlalu banyak lemak jenuh daripada daging sapi.

5. Alpukat

Makanan untuk rambut sehat dan indah lainnya adalah alpukat. Selain bersumber dari ikan, asam lemak omega-3 dan omega-6 bisa didapatkan dari buah-buahan, salah satunya adalah alpukat.

Superfood ini mengandung vitamin E, asam lemak omega-3 dan 6, serta antioksidan yang berguna untuk memberikan nutrisi ekstra pada rambut. Sehingga, rambut menjadi lebih kuat, berkilau, tidak mudah patah, dan juga rontok.

Kemudian, alpukat juga mengandung zat yang membantu percepatan sel-sel di folikel dan anti inflamasi sehingga kulit kepala menjadi lebih sehat serta rambut tumbuh lebih cepat dan lebat.

Itulah beberapa makanan yang bagus untuk rambut, miliki rambut sehat dan indah dari sumber makanan terbaik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News