CLOSE [X]
ads

5 Makanan yang Bagus untuk Merawat Kulit Kering

Reporter: Ana Risma
Jumat, 21 Januari 2022 | 18:09 WIB
5 Makanan yang Bagus untuk Merawat Kulit Kering

ILUSTRASI. Merawat kulit kering tidak bisa hanya mengandalkan penggunaan pelembab, melainkan juga makanan yang sehat.


MOMSMONEY.ID - Merawat kulit kering tidak bisa hanya mengandalkan penggunaan pelembab. Pasalnya, produk pelembab tidak akan pernah bisa mencukupi kebutuhan nutrisi kulit. Oleh sebab itu, Anda harus membarengi penggunaan pelembab dengan mengonsumsi makanan yang sehat guna merawat kulit dari dalam.

Saat rajin mengonsumsi makanan yang sehat dan tepat, itu akan membantu memberikan kelembaban esensial dari dalam, yang sangat penting untuk memenuhi jumlah hidrasi yang dibutuhkan kulit.

Jika Anda memiliki kulit kering dan masih bertanya-tanya apa saja makanan yang bagus untuk merawat kulit Anda, berikut MomsMoney bagikan daftarnya sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Orang yang Manipulatif, Patut Diwaspadai!

1. Alpukat

Alpukat

Termasuk superfood, alpukat mengandung begitu banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Buah yang creamy ini bisa Anda andalkan untuk melawan kulit kering. Pasalnya, alpukat kaya akan vitamin, protein, dan sejumlah lemak sehat yang dapat melapisi kulit dari dalam sekaligus mencegah hilangnya kelembaban.

Selain itu, alpukat juga memiliki protein yang tinggi untuk membantu membangun kolagen dan elastin yang mana keduanya sangat penting dalam hal menjaga performa kulit. Anda bisa mengonsumsi 2-3 buah alpukat per minggu entah dalam bentuk salad maupun sandwich untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

2. Salmon

Ikan Salmon

Jika Anda bukanlah seorang vegetarian, maka patut memasukkan salmon ke dalam menu makan. Salmon terbilang sangat bagus untuk kulit kering karena memiliki banyak asam lemak omega-3. Adapun asam lemak ini berguna untuk membantu memperkuat sel-sel kulit, meningkatkan fungsi skin barrier, serta melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Salmon juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi kemungkinan munculnya berbagai masalah akibat kulit kering seperti psoriasis, eksim, dan dermatitis. Anda bisa menambahkan salmon ke dalam sandwich atau memakannya sebagai pendamping nasi untuk merasakan manfaat salmon bagi pemilik kulit kering.

3. Ubi jalar

Ubi jalar

Ubi jalar adalah makanan yang sangat baik untuk siapa pun yang memiliki kulit kering dan bersisik. Kaya akan vitamin A, ubi jalar dapat mengunci kelembaban dalam kulit agar kulit tetap montok dan sehat. Tak sekadar itu, vitamin A dalam ubi jalar juga bisa membantu regenerasi sel dan mencegah kulit mengelupas.

Selain vitamin A, ubi jalar juga mengandung vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit, memberikan manfaat antioksidan, mencegah penuaan, dan menjaga kulit tetap sehat, kencang, serta bercahaya. Anda bisa mengonsumsi ubi jalar dengan cara ditumis bersama sedikit garam, merica, dan bubuk cabai merah. Supaya semakin sedap, masukkan sayuran lain favorit Anda ke dalam tumisan ubi jalar.

4. Buah jeruk

Jeruk

Buah jeruk merupakan makanan lainnya yang bagus untuk kulit kering. Hal ini dikarenakan buah jeruk adalah sumber vitamin C yang bisa membantu menjaga kulit tetap muda bercahaya. Selain itu, kehadiran vitamin A dan beta karoten yang ada di dalam buah jeruk juga mampu memberikan ledakan antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen.

Bukan hanya membantu mencegah kulit kekeringan, buah jeruk juga bisa membuat kulit Anda tampak segar berseri-seri lho Moms. Oleh sebab itu, konsumsilah buah jeruk setiap hari sehabis sarapan guna menjaga kulit senantiasa lembab dan sehat.

5. Telur

Putih telur

Bukan hanya baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan, telur juga bagus untuk merawat kulit khususnya kulit kering. Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, telur mampu mendorong regenerasi sel dengan lebih cepat serta bisa membawa nutrisi seperti sulfur dan lutein ke kulit Anda.

Saat semua faktor tersebut bersatu, itu akan mencegah kulit dari dehidrasi sekaligus meningkatkan elastisitas kulit. Ada begitu banyak cara makan telur yang bisa dicoba. Anda dapat menjadikan telur goreng atau dadar sebagai isian roti panggang atau sekadar merebusnya untuk dimakan bersama lauk lainnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru