Keluarga

5 Makanan yang Bagus untuk Menambah Tinggi Badan Anak Secara Alami

5 Makanan yang Bagus untuk Menambah Tinggi Badan Anak Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Moms, apakah Anda tahu bahwa ada makanan tertentu yang dapat menambah tinggi badan anak secara alami?

Ternyata, makanan-makanan yang dapat menambah tinggi badan anak secara alami tersebut sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari lho.

Melansir laman Lybrate, seorang dokter anak bernama Dr. Abhilash Gaur membagikan 5 makanan yang bagus untuk menambah tinggi badan anak secara alami karena kaya akan berbagai nutrisi penting seperti vitamin, kalsium, zinc, dan magnesium. Simak, inilah dia daftarnya!

Baca Juga: Berbagai Tanda Anak Sedang Stres dan Cara Membantu Mengatasinya

1. Biji-bijian utuh

Gandum utuh

Makanan pertama yang bagus untuk menambah tinggi badan anak secara alami adalah biji-bijian utuh. Kaya akan zinc, magnesium, dan vitamin B, biji-bijian utuh memainkan peran yang sangat penting dalam mendorong pertumbuhan anak.

Selain itu, biji-bijian utuh juga mengandung kalori dan karbohidrat yang mampu memastikan pemeliharaan berat badan yang tepat pada anak serta memberinya energi yang dibutuhkan untuk aktif sepanjang hari. Beberapa olahan biji-bijian utuh yang bisa membuat anak tumbuh lebih tinggi adalah roti gandum dan sereal.

2. Susu

Susu bubuk krim dencow lagi diaduk

Susu mengandung kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk membantu perkembangan tulang anak selama masa pertumbuhan sekaligus meningkatkan kekuatan fisik mereka. Tak sampai di situ, susu juga mampu membantu mengasimilasi protein yang berbeda. Sehingga, tidak heran jika susu menjadi salah satu minuman terbaik untuk mencapai tinggi badan yang baik.

Guna membantu mencukupi kebutuhan vitamin D dan kalsium anak, Anda bisa memberikan mereka 3 porsi susu atau produk susu seperti keju dan yogurt setiap hari.

3. Sayuran dan buah-buahan

Sayur dan buah

Makanan ketiga yang bagus untuk menambah tinggi badan anak secara alami adalah sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan adalah sumber vitamin yang melimpah dan berperan penting dalam memastikan tingkat pertumbuhan tulang yang lebih baik pada anak.

Anda dapat memasukkan wortel, mangga, ubi jalar, bayam, dan sebagainya ke dalam diet harian anak untuk membantu meningkatkan pertumbuhan tinggi badan mereka. Sebaiknya, berikan anak Anda 3-5 porsi sayuran dan buah-buahan per hari.

4. Telur

Aneka Hidangan Telur

Makanan keempat yang bagus untuk menambah tinggi badan anak secara alami adalah telur. Kaya akan protein, telur mampu menjaga anak agar tetap energik sepanjang hari sekaligus membantunya tumbuh lebih tinggi.

Adapun jumlah asupan telur yang ideal untuk seorang anak adalah 1-2 butir per hari.

5. Kedelai

Susu kedelai

Makanan kelima yang bagus untuk menambah tinggi badan anak secara alami adalah kedelai. Sebagai sumber yang tinggi protein, kedelai dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tulang dan otot anak yang pada gilirannya akan sekaligus menambah tinggi badan mereka.

Selain memberikan kedelai dalam bentuk susu kepada anak, Anda juga bisa menyajikan kedelai dalam bentuk tempe, tahu, atau roti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News