HOME, Bugar

5 Makanan yang Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

5 Makanan yang Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

MOMSMONEY.ID - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu kondisi yang bisa memicu gangguan jantung, ginjal, hingga gangguan penglihatan.

Biasanya, gejala akan muncul ketika penyakit sudah cukup parah, seperti sakit kepala, mimisan, mual, muntah, nyeri dada, hingga gangguan irama jantung.

Tekanan darah tinggi bisa di atasi dengan menjalankan diet yang tepat. Pisang, salmon, serta sayuran hijau adalah jenis makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Sederhana Mengatasi Mulut Pahit Saat Sedang Sakit

Dilansir dari Web MD dan Healthline, berikut ini makanan yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, antara lain: 

1. Mentimun

Makanan yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi pertama adalah mentimun. Mentimun bisa menetralisir jika Anda mengonsumsi banyak garam.

Hati-hati, kadar garam yang berlebihan bisa mengikat banyak air. Kondisi inilah yang bisa membuat volume darah meningkat. 

2. Sayuran hijau

Makanan yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi kedua adalah sayuran hijau. Sayuran hijau merupakan makanan untuk menurunkan tekanan darah yang bisa Anda coba.

Sayuran hijau kaya kalium yang bisa membantu ginjal untuk menyingkirkan natrium melalui urine. Nah, hal inilah yang pada akhirnya bisa membantu menurunkan tekanan darah. 

3. Susu skim dan yoghurt

Makanan yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi ketiga adalah susu skim dan yogurt. Susu skim merupakan sumber kalsium yang sangat baik dan rendah lemak.

Menurut American Heart Association, wanita yang mengonsumsi lima porsi atau lebih yoghurt dalam seminggu, mengalami pengurangan 20 persen risiko terkena tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Perempuan

4. Stroberi

Makanan yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi keempat adalah rutin mengonsumsi stroberi. Stroberi memiliki kandungan antosianin yang mampu menurunkan tekanan darah.

Anda bisa mengonsumsi stroberi dalam bentuk buah maupun mencampurkannya ke dalam salad buah.

5. Salmon

Makanan yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi kelima adalah rutin mengonsumsi salmon dengan jumlah yang tepat dan tidak berlebihan. 

Salmon menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan omega 3. Lemak ini membantu mengurangi tingkat tekanan darah dan mengurangi peradangan.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi pengidap tekanan darah tinggi. Mengonsumsi makanan tersebut merupakan cara lain untuk menurunkan darah tinggi.

Selain makanan yang tepat, tidak ada salahnya untuk ketahui juga makanan yang sebaiknya dihindari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News