CLOSE [X]
ads

5 Makanan yang Ampuh Membakar Lemak pada Tubuh

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 01 Oktober 2021 | 13:00 WIB
5 Makanan yang Ampuh Membakar Lemak pada Tubuh

ILUSTRASI. 5 Makanan yang Ampuh Menjadi Pembakar Lemak Pada Tubuh


MOMSMONEY.ID - Ada beragam cara untuk mencapai berat badal ideal. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan pembakar lemak. Sejatinya, lemak dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi, membantu penyerapan vitamin, dan menjaga kesehatan tubuh.

Namun, Konsumsi lemak jahat atau lemak jenuh secara berlebih dapat menyebabkan penumpukan di pembuluh darah bagian tubuh tertentu, seperti paha, bokong, lengan, dan perut.

Banyak makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu membakar lemak perut. Kemampuan makanan-makanan tersebut untuk membakar lemak tak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. 

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Dikutip dari Medical News Today dan Healthline, berikut ini ragam pilihan makanan pembakar lemak perut yang bisa Anda pilih.

1. Teh hijau

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan melindungi tubuh terhadap pertumbuhan jenis kanker tertentu.

Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa epigallocatechin gallate dalam jumlah yang cukup banyak. Senyawa ini bermanfaat untuk mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh.

2. Makanan tinggi serat

Makanan yang kaya akan serat, seperti oatmeal dan beras merah, dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan. Oleh karena itu, makanan berserat sangat baik dikonsumsi jika Anda ingin menurunkan berat badan. 

3. Telur

Sebagai sumber protein yang baik, telur dapat meningkatkan laju metabolik sebesar 20-35% beberapa jam setelah dikonsumsi. Di samping itu, telur juga meningkatkan pembakaran kalori yang terjadi pada saat pencernaan protein.

Konsumsi tiga butir telur beberapa kali seminggu dapat membantu membakar lemak, sekaligus membuat Anda kenyang.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan jenis makanan pembakar lemak yang sangat baik dikonsumsi sebagai pilihan menu diet, sebab di dalamnya mengandung beragam nutrisi, seperti serat, protein, dan lemak baik.

5. Ubi

Meski termasuk karbohidrat, ubi memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibanding beberapa makanan pokok lainnya. Terbatasnya asupan kalori memaksa tubuh untuk mengubah lemak menjadi sumber energi. Selain membantu pembakaran lemak, ubi juga punya nutrisi-nutrisi seperti kalium, beta-karoten, vitamin C, dan serat.

 Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau, Mulai Menambah Stamina Sampai Menurunkan Kolesterol

Ada beragam makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu proses pembakaran lemak perut. Beberapa makanan pembakar lemak perut antara lain ikan, cabai, ubi, sayuran, dan daging tanpa lemak.

Supaya proses pembakaran lemak berjalan optimal, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat.

Selanjutnya: Kenali Aturan Diet Raw Food sebelum Anda Memulainya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru