CLOSE [X]
ads

5 Makanan untuk Mengurangi Kolesterol dalam Tubuh

Sumber: Healthline
Rabu, 21 Juli 2021 | 12:33 WIB
5 Makanan untuk Mengurangi Kolesterol dalam Tubuh

ILUSTRASI. 5 makanan untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh


MOMSMONEY.ID - Kolesterol tinggi memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung koroner, stroke hingga diabetes. Makanan tinggi lemak dan rendah serat berpotensi menaikkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal seperti obesitas, jarang berolahraga serta konsumsi makanan yang tidak sehat. 

Supaya kolesterol darah tetap stabil, harus mulai disiplin mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Terdapat berbagai macam makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi, mulai dari sayuran, buah-buahan sampai cemilan untuk dikonsumsi sehari-hari. 

Untuk mengetahui lebih jauh, berikut 5 makanan untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga: 10 Tanda Anda Harus Segera Mulai Diet

1.  Alpukat

Di dalam tubuh, terdapat dua jenis kolesterol yaitu LDL (Low Density Lipoprotein) yang biasa disebut sebagai kolesterol jahat, dan HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik. LDL atau kolesterol jahat membawa lemak ke seluruh tubuh, dikutip dari Healthline. Sementara HDL mengangkat kelebihan kolesterol dan membawanya kembali ke hati. Untuk menurunkan kadar LDL, konsumsi alpukat bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Alpukat menjadi buah yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat, nutrisi fitosterol dan polifenol. Karena itu, alpukat efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kolesterol tetap seimbang.

2.  Apel

Selain alpukat, apel termasuk ke dalam buah yang efektif membantu menurunkan kolesterol tinggi. Apel mengandung zat pektin (terutama pada bagian kulit apel), yaitu serat larut yang berfungsi menurunkan kolesterol dalam tubuh. kandungan ini bekerja dengan cara menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, kemudian mengeluarkannya melalui urine dan feses.

3.  Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan sawi terbukti bisa menurunkan kolesterol tinggi. Kandungan antioksidan, serat, serta rendah kalori membuat berat badan terkontrol sehingga mencegah obesitas. Obesitas menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mengidap kolesterol tinggi.

Baca Juga: Moms, Ini 5 Buah yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol

4.   Dark coklat

Coklat khususnya dark coklat mampu menurunkan kadar kolesterol. Coklat mengandung zat anti inflamasi dan antioksidan yang terkait dengan penurunan kolesterol tinggi. Akan tetapi, kamu perlu bijak ketika mengonsumsinya karena coklat termasuk makanan tinggi kalori.

5.  Ikan Salmon dan Tuna

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk menurunkan kolesterol. Manfaat lainnya yaitu konsumsi ikan salmon dan tuna dapat melancarkan aliran darah dan melindungi kesehatan jantung.

Saat Moms memiliki kolesterol, makanan sehat ini bisa dikonsumsi secara rutin untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh. 

Selanjutnya: 5 Manfaat Vitamin Secara Umum untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru