Keluarga

5 Makanan untuk Mencegah Pertumbuhan Uban Prematur, Apa Saja?

5 Makanan untuk Mencegah Pertumbuhan Uban Prematur, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Catat, inilah 5 makanan untuk mencegah pertumbuhan uban prematur.

Helai rambut dikemas dengan melanin atau zat yang memberikan warna pada rambut. Seiring bertambahnya usia, folikel rambut cenderung menghasilkan lebih sedikit melanin sehingga rentan memicu pertumbuhan uban.

Selain penuaan, uban juga bisa tumbuh bahkan sebelum waktunya atau prematur karena hal lain. Beberapa hal yang dapat menyebabkan pertumbuhan uban prematur antara lain genetika, stres, kekurangan nutrisi, dan kondisi medis tertentu.

Untuk membantu mencegah rambut beruban sebelum waktunya, ada beberapa rekomendasi makanan yang patut Anda konsumsi.

Melansir Byrdie dan Vegamour, berikut 5 makanan untuk mencegah pertumbuhan uban prematur.

Baca Juga: 5 Buah untuk Mencegah Berat Badan Naik yang Cocok Dimakan Saat Diet

1. Lentil

Makanan untuk mencegah pertumbuhan uban prematur yang pertama adalah lentil.

Kekurangan vitamin B9 (asam folat) dikaitkan dengan pertumbuhan uban yang lebih cepat dari seharusnya. Padahal, vitamin B9 penting untuk produksi asam amino metionin. Metionin sendiri bermanfaat untuk mendukung warna rambut serta membantu produksi DNA dan RNA.

Untuk mencukupi asupan vitamin B9, Anda bisa mengonsumsi lentil karena lentil termasuk sumber vitamin B9 yang luar biasa.

2. Salmon

Makanan untuk mencegah pertumbuhan uban prematur yang kedua adalah salmon.

Perubahan kadar hormon dapat memicu pertumbuhan uban lebih awal. Untungnya, salmon mengandung selenium yang merupakan mineral penting untuk membantu mengatur produksi hormon.

Pertumbuhan uban prematur juga dikaitkan dengan kekurangan vitamin D. Dan, salmon serta ikan berlemak lainnya bisa memberikan dosis vitamin D yang sehat sekaligus nutrisi penting lainnya seperti omega 3 dan protein.

3. Rumput laut

Makanan untuk mencegah pertumbuhan uban prematur yang ketiga adalah rumput laut.

Selain nikmat, rumput laut juga dapat membantu rambut tetap gelap dan bebas uban. Sebagai sumber kolagen vegan yang potensial, rumput laut bisa membantu meningkatkan kesehatan rambut secara alami.

Beberapa rumput laut serta tumbuhan laut lainnya kaya akan zinc, vitamin A, vitamin C, dan beta-karoten yang semuanya penting untuk kesehatan rambut.

Baca Juga: Waspadai Moms! Ini Daftar Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut

4. Jamur

Makanan untuk mencegah pertumbuhan uban prematur yang keempat adalah jamur.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rambut beruban sebelum waktunya. Jadi, pastikan asupan vitamin D Anda selalu tercukupi, salah satunya dengan mengonsumsi jamur.

Kenapa jamur? Karena, beberapa jamur ditanam menggunakan sinar UV khusus yang bisa meningkatkan kandungan vitamin D di dalamnya.

5. Dark chocolate

Makanan untuk mencegah pertumbuhan uban prematur yang kelima adalah dark chocolate.

Dark chocolate atau cokelat hitam merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk membantu mencegah rambut beruban.

Dalam sebuah penelitian, kadar feritin (protein darah yang mengandung zat besi) yang rendah dikaitkan dengan pertumbuhan uban prematur. Kabar baiknya, satu ons dark chocolate mengandung 20% dari nilai harian zat besi Anda.

Untuk mendapatkan sensasi yang lebih nikmat sekaligus manfaat yang lebih banyak, pertimbangkanlah untuk makan dark chocolate bersama dengan sumber vitamin C. Misal, Anda bisa mencelupkan stroberi segar ke lelehan dark chocolate.

Itulah 5 makanan untuk mencegah pertumbuhan uban prematur. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News