Keluarga

5 Makanan untuk Mencegah Kulit Kering Saat Puasa, Konsumsi Saat Sahur atau Berbuka

5 Makanan untuk Mencegah Kulit Kering Saat Puasa, Konsumsi Saat Sahur atau Berbuka

MOMSMONEY.ID - Simak 5 makanan untuk mencegah kulit kering saat puasa.

Mencegah kulit kering saat puasa di bulan Ramadan tidak boleh hanya mengandalkan penggunaan pelembab. Sebab, produk pelembab tidak akan pernah bisa mencukupi kebutuhan nutrisi kulit.

Anda harus membarengi penggunaan pelembab dengan mengonsumsi makanan yang sehat guna merawat kulit dari dalam selama Ramadan.

Saat Anda rajin mengonsumsi makanan yang sehat dan tepat, akan membantu memberikan kelembaban esensial dari dalam. Sebagai rekomendasi, berikut daftar makanan untuk mencegah kulit kering saat puasa:

1. Alpukat

Makanan untuk mencegah kulit kering saat puasa salah satunya alpukat. Termasuk superfood, alpukat mengandung begitu banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Buah yang creamy ini bisa Anda andalkan untuk mencegah kulit kering saat puasa. Pasalnya, alpukat kaya akan vitamin, protein, dan sejumlah lemak sehat yang dapat melapisi kulit dari dalam sekaligus mencegah hilangnya kelembaban.

Selain itu, alpukat juga memiliki protein yang tinggi untuk membantu membangun kolagen dan elastin yang mana keduanya sangat penting dalam hal menjaga performa kulit.

Baca Juga: 5 Tips Makeup Flawless untuk Buka Puasa Bersama, Cocok untuk Pemilik Pori-Pori Besar

2. Salmon

Makanan untuk mencegah kulit kering saat puasa berikutnya adalah salmon. Jika Anda bukan seorang vegetarian, maka Anda patut memasukkan salmon ke dalam menu sahur atau berbuka Anda.

Salmon terbilang sangat bagus untuk kulit kering karena memiliki banyak asam lemak omega-3. Adapun asam lemak ini berguna untuk membantu memperkuat sel-sel kulit, meningkatkan fungsi skin barrier, serta melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Salmon juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi kemungkinan munculnya berbagai masalah akibat kulit kering seperti psoriasis, eksim, dan dermatitis.

3. Ubi jalar

Ubi jalar adalah makanan yang sangat baik untuk siapa pun yang memiliki kulit kering dan bersisik.

Kaya akan vitamin A, ubi jalar dapat mengunci kelembaban ke dalam kulit agar kulit tetap montok dan sehat. Tak sekadar itu, vitamin A dalam ubi jalar juga bisa membantu regenerasi sel dan mencegah kulit mengelupas.

Selain vitamin A, ubi jalar juga mengandung vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit, memberikan manfaat antioksidan, mencegah penuaan, dan menjaga kulit tetap sehat, kencang, serta bercahaya.

Baca Juga: 6 Manfaat Jamur untuk Kecantikan Kulit, Bisa Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan Lho

4. Buah jeruk

Buah jeruk adalah sumber vitamin C yang bisa membantu menjaga kulit tetap muda bercahaya.

Selain itu, kehadiran vitamin A dan beta karoten yang ada di dalam buah jeruk juga mampu memberikan ledakan antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen.

Bukan hanya membantu mencegah kulit kekeringan, buah jeruk juga bisa membuat kulit Anda tampak segar berseri-seri lho Moms. Oleh sebab itu, konsumsilah buah jeruk setiap hari saat sahur atau berbuka guna menjaga kulit senantiasa lembab dan sehat selama puasa ramadan.

5. Telur

Makanan untuk mencegah kulit kering saat puasa berikutnya adalah telur. Bukan hanya baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan, telur juga bagus untuk merawat kulit khususnya kulit kering.

Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, telur mampu mendorong regenerasi sel dengan lebih cepat serta bisa membawa nutrisi seperti sulfur dan lutein ke kulit Anda. Saat semua faktor tersebut bersatu, itu akan mencegah kulit Anda dari dehidrasi sekaligus meningkatkan elastisitas kulit.

Ada begitu banyak cara makan telur yang bisa Anda coba. Anda dapat menjadikan telur goreng atau telur dadar sebagai isian roti panggang atau sekadar merebusnya untuk dimakan bersama lauk lainnya.

Itulah 5 makanan untuk mencegah kulit kering saat puasa. Yuk, catat dan masukkan ke dalam menu sahur atau berbuka Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News