5 Makanan Tinggi Hyaluronic Acid untuk Kulit Lembab dan Kenyal dari Dalam

Reporter: Ana Risma
Rabu, 25 Januari 2023 | 14:39 WIB
5 Makanan Tinggi Hyaluronic Acid untuk Kulit Lembab dan Kenyal dari Dalam

ILUSTRASI. 5 Makanan Tinggi Hyaluronic Acid untuk Kulit Lembab dan Kenyal dari Dalam.


MOMSMONEY.ID - Inilah 5 makanan tinggi hyaluronic acid untuk kulit lembab dan kenyal dari dalam.

Hyaluronic acid atau asam hialuronat adalah senyawa alami tubuh yang memainkan peran penting dalam banyak aspek kesehatan terutama yang berkaitan dengan kulit, mata, dan persendian.

Menurut penelitian, hyaluronic acid dapat mengurangi munculnya kerutan dan meningkatkan hidrasi, tekstur, serta elastisitas kulit.

Sayangnya, jumlah hyaluronic acid dalam tubuh cenderung berkurang seiring bertambahnya usia. Selain penggunaan skincare, Anda juga bisa mengonsumsi makanan tinggi hyaluronic acid untuk membantu meningkatkan produksi hyaluronic acid dalam tubuh supaya kesehatan dan kecantikan kulit senantiasa terjaga.

Dilansir dari Healthline dan Derm Collective, berikut 5 makanan tinggi hyaluronic acid untuk kulit lembab dan kenyal dari dalam.

Baca Juga: 5 Aroma Parfum Pria untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri, Nomor 3 Paling Populer

1. Kaldu tulang

Kaldu tulang

Kaldu tulang adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung hyaluronic acid dalam jumlah besar. Adapun sumber senyawa dalam kaldu tulang berasal langsung dari jaringan ikat dan tulang hewan.

Kaldu ini dibuat dengan cara merebus tulang sapi atau unggas dan tulang rawan ke dalam air. Selama beberapa jam, hyaluronic acid akan secara bertahap diekstraksi bersamaan dengan berbagai protein dan asam amino yang mendukung produksi kolagen.

Selain hyaluronic acid, kaldu tulang juga mengandung mineral seperti kalsium, zinc, dan potassium. Manfaat gabungan dari hyaluronic acid dan nutrisi lainnya yang ada di dalam kaldu tulang dapat menciptakan kulit yang sehat dan kenyal.

2. Makanan berbahan dasar kedelai

Tips Simpan Tahu

Makanan berbahan dasar kedelai seperti edamame, tempe, dan tahu memiliki fitoestrogen dengan konsentrasi tinggi. Fitoestrogen sendiri merupakan senyawa yang berinteraksi dengan reseptor estrogen dalam tubuh dan mereplikasi efek hormonalnya.

Estrogen diketahui memicu peningkatan jumlah hyaluronic acid di kulit. Dan, fitoestrogen yang ditemukan dalam produk kedelai memiliki efek serupa.

Oleh karena itu, pola makan yang kaya produk kedelai dikaitkan dengan peningkatan hyaluronic acid untuk menjaga kekencangan, elastisitas, dan kelembaban kulit sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan.

3. Jeruk

Jeruk

Sebenarnya, jeruk tidak mengandung hyaluronic acid melainkan naringenin. Naringenin adalah flavonoid atau sejenis senyawa tanaman dengan sifat antioksidan yang kuat.

Naringenin mampu memblokir aktivitas hyaluronidase atau enzim yang bertanggung jawab atas pemecahan hyaluronic acid. Dengan mengonsumsi lebih banyak jeruk, itu dapat membantu menjaga kadar hyaluronic acid yang sehat dalam tubuh.

Jeruk juga kaya akan vitamin C untuk mendorong sintesis kolagen yang penting bagi struktur kulit, otot, rambut, dan persendian sekaligus melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Baca Juga: 5 Essential Oil untuk Meningkatkan Gairah Seks yang Layak Pasutri Coba

4. Almond

Susu almond

Termasuk superfood, almond dikemas dengan banyak protein, serat, dan lemak yang menyehatkan jantung di setiap sajiannya.

Plus, almond juga kaya akan magnesium yang mendukung kesehatan kulit dengan cara meningkatkan produksi hyaluronic acid dalam tubuh.

Terlebih lagi, almond merupakan sumber vitamin E yang bagus untuk membantu menetralkan radikal bebas berbahaya, melawan stres oksidatif, mempercepat penyembuhan luka, dan melindungi kulit dari kerusakan.

5. Ubi jalar

Ubi jalar

Ubi jalar menyediakan banyak magnesium dalam setiap sajiannya. Kandungan magnesium yang melimpah dalam ubi jalar memungkinkan tubuh memproduksi hyaluronic acid secara efisien.

Ubi jalar juga mengandung beragam antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel oksidatif dan penyakit kronis.

Yang tak kalah penting, ubi jalar kaya akan beta karoten atau senyawa yang terbukti mampu meredakan peradangan, menetralkan radikal bebas berbahaya, serta melindungi kulit dari kerusakan dan sunburn.

Itulah 5 makanan tinggi hyaluronic acid untuk kulit lembab dan kenyal dari dalam. Yuk, konsumsi lebih sering!

Selanjutnya: Geliat Indika Energy (INDY) Diversifikasi ke Segmen Non Batubara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER