HOME, Bugar

5 Makanan Sehat yang Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

5 Makanan Sehat yang Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

MOMSMONEY.ID - Seiring bertambahnya usia, akan lebih sering pula mengalami gangguan pada tulang. Hal tersebut karena massa tulang pada seseorang ikut mengalami penurunan. 

Maka itu, menjaga kesehatan tulang menjadi hal penting dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya berbagai masalah yang dapat terjadi di kemudian hari.

Ada berbagai cara untuk menjaga agar tulang tetap sehat. Beberapa di antaranya rutin melakukan aktivitas fisik dan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D dan kalsium. 

Selain itu, menghindari berbagai macam makanan, seperti makanan kaleng, minuman bersoda, dan minuman beralkohol dapat membantu menjaga tulang tetap sehat.

Ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi secara rutin, yang dapat menyehatkan tulang. Dirangkum dari beberapa sumber Healthline dan Mayo Clinic ada 5 jenis makanan yang dapat menyehatkan tulang.

Baca Juga: Penyakit Kolera: Gejala dan Pencegahan yang Harus Anda Ketahui

1. Susu

Seperti sudah dikenal, susu mengandung kalsium dan vitamin D tinggi dan dapat membantu menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan. Kalsium merupakan aspek paling penting untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan asupan kalsium yang tidak dijaga, tulang akan rawan keropos.

Selain itu, vitamin D penting bagi tulang karena dapat membantu menyerap kalsium yang didapat oleh tubuh. Untuk memiliki tulang yang sehat, konsumsilah susu secara rutin, dan usahakan mendapatkan susu segar.

2. Brokoli

Sejumlah sayur-mayur acap kali menjadi anjuran para ahli medis dan gizi untuk dikonsumsi masyarakat. Sebabnya, hasil alam tersebut memiliki banyak kegunaan yang baik terhadap kesehatan. Hal yang sama pun tentu berlaku untuk brokoli. 

Kandungan nutrisi berupa kalsium pada brokoli dinilai cukup tinggi. Mineral ini sangat dibutuhkan oleh tulang untuk menjaga kualitas kepadatannya.

3. Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan, satu di antaranya adalah vitamin D. 

Vitamin D merupakan satu di antara vitamin yang cukup penting karena asupan vitamin D yang terjaga dapat membantu tulang untuk menyerap kalsium yang dapat menjaga kepadatan tulang. 

4. Ikan salmon

kan salmon dan sarden memang sudah terkenal akan kandungan nutrisinya yang banyak dan bermanfaat terhadap kesehatan tubuh, terutama jika ikan tersebut merupakan produk utuh atau bertulang, bukan produk olahan.

5. Kentang

Satu di antara manfaat kentang adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Kentang dapat dikonsumsi setiap hari sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi.Kentang mengandung magnesium dan kalsium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, kalium dapat mengontrol asam di dalam tubuh, yang dapat menyerap kalsium dari tulang.

Baca Juga: 5 Penyakit yang Sering Terjadi pada Bayi di Tahun Pertama

Itu dia makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk membuat tulang kuat hingga tua, serta menghindari dan mengurangi risiko penyakit osteoporosis alias perapuhan tulang. 

Dengan tambahan olahraga yang tepat, kesehatan pun dijamin akan semakin baik lagi. Jangan lupa hindari juga kebiasaan-kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

Selanjutnya: 5 Penyebab Anda Mengalami Sendawa Bau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News