Keluarga

5 Makanan Sehat yang Bantu Kurangi Risiko Kerutan dan Penuaan Dini pada Wajah

5 Makanan Sehat yang Bantu Kurangi Risiko Kerutan dan Penuaan Dini pada Wajah

MOMSMONEY.ID - Kerutan merupakan salah satu tanda akibat terjadinya penuaan dini. Penuaan dini itu sendiri bisa terjadi pada orang dewasa yang mulai memasuki usia 25 tahun ke atas.

Sebagai wanita, tentunya Anda ingin mencegah terjadinya penuaan dini yang membuat kulit terlihat seperti kerutan, bukan? Nah, kali ini MomsMoney hadirkan aneka makanan sehat yang mampu mengurangi risiko terjadinya penuaan dini.

Apa sajakah makanan sehat tersebut? Simak artikelnya yang dilansir dari laman Royco, Woman’s World, Love Food, dan Healthline, selengkapnya!

Baca Juga: Resep Cumi Lada Hitam, Nikmat Disantap Bareng Nasi Putih

Delima

Buah delima adalah salah satu makanan yang dapat membantu mengurangi risiko kerutan pada kulit dan penuaan dini. Delima terkenal dengan kandungan vitamin C & antioksidannya yang kuat.

Tingginya kedua kandungan tersebut mampu membuat kulit terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan.

Buah delima ini mengandung punicalagins yang dapat membantu pertumbuhan kolagen pada kulit, mengurangi kerutan halus, serta memperlambat penuaan dini.

Baca Juga: Promo Burger King November 2022, Terbaru Kupon November Serba Hemat Diskon 50%

Pepaya

Pepaya

Pepaya mengandung enzim bernama papain yang dapat mencegah kerutan dengan sangat baik. Enzim papain juga dikenal sebagai bahan anti-peradangan alami terbaik yang ada di alam.

Keseluruhan kandungan nutrisi di dalam pepaya dapat membentengi kulit dari serangan radikal bebas, serta membuat kulit menjadi lebih elastis! Tentunya ini adalah musuh alami penuaan dini yang menyebabkan kerutan pada kulit.

Baca Juga: Promo KFC Terbaru November 2022, Paket KFC Attack Ayam-Cola Cuma Rp 18.000

Air Kelapa

Air kelapa mengandung sitokinin yang berfungsi mencegah penuaan dini dan kerutan pada kulit.

Selain sitokinin, terdapat pula kandungan vitamin C pada air kelapa yang meregenerasi kulit serta membuatnya terasa lebih elastis.

Dengan rutin meminum air kelapa, tubuh akan jauh lebih sehat terutama pada bagian kulit. Ini disebabkan air kelapa berfungsi sebagai antioksidan tubuh yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Baca Juga: Resep Sambal Cumi Balado Gurih Pedas Ala Devina Hermawan, Awet Tahan Lama!

Tomat

Tomat ceri

Tomat memiliki peran ganda dalam mencegah penuaan dini dan kerutan. Tomat mampu meningkatkan kolagen & mengandung likopen yang tinggi dalam kulit.

Baca Juga: Sulit Dimakan Karena Rasanya Pahit, Ini 5 Cara Bikin Pare Jadi Tidak Pahit

Sebuah penelitian dari The British Journal of Dermatology yang dikutip melalui Love Food mengatakan bahwa 5 orang yang secara rutin mengonsumsi 5 sdm pasta tomat setiap hari dapat terlindung dari jahatnya sinar matahari sebesar 33%.

Jika anda ingin melindungi kulit dari berbagai kerusakan seperti kerutan dan penuaan dini yang disebabkan sinar matahari, anda bisa rutin mengonsumsi buah tomat setiap hari, ya Moms!

Baca Juga: Kesulitan Memasak? Ikuti 5 Tips Belajar Masak untuk Pemula yang Ingin Pandai Memasak

Kacang

Ada banyak jenis kacang yang mengandung sumber vitamin E. Kacang-kacang ini punya fungsi baik yang dapat mencegah penuaan dini dan kerutan pada kulitmu.

Kacang yang terkenal punya fungsi yang baik adalah kacang almond. Adapun kacang kenari yang  mengandung asam lemak Omega-3 anti-inflamasi yang bermanfaat sebagai berikut:

  • Menjaga minyak alami kulit agar kulit tetap kenyal dan tidak kering
  • Memperkuat membrane sel
  • Melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari

Jika Moms sedang khawatir dengan munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan di kulit wajah, Moms bisa mengonsumsi makanan di atas, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News