Bugar

5 Makanan Sehat Bernutrisi untuk Menambah Berat Badan

5 Makanan Sehat Bernutrisi untuk Menambah Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa makanan sehat bernutrisi untuk menambah berat badan, misalnya, telur, susu, nasi, kacang-kacangan, daging merah, keju, dan masih banyak lagi.

Menambah berat badan dengan cepat tidak hanya bisa dilakukan dengan makan banyak. Anda perlu memperhatikan makanan penambah berat badan dan kandungan gizi di dalamnya.

Bersumber dari Mayo Clinic, berikut beberapa makanan sehat bernutrisi untuk menambah berat badan yang bisa Anda coba, antara lain: 

Baca Juga: Kenali Sederet Gejala dan Penyebab Encok yang Sering Disepelekan

1. Susu

Makanan untuk menambah berat badan pertama adalah susu dan produk olahannya. Susu mengandung protein, karbohidrat, dan lemak yang sangat baik.

Kandungan protein di dalamnya, baik untuk Anda yang ingin menambah massa otot.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung lemak sehat, sehingga jika dikonsumsi secara teratur, akan membantu menaikkan berat badan.

Jadikan kacang sebagai camilan Anda di antara waktu makan. Namun, pilih kacang yang diolah secara tepat, seperti dipanggang tanpa tambahan gula dan garam.

Baca Juga: Tidak Selalu Buruk, Ini Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas untuk Kesehatan

3. Kentang dan umbi-umbian

Kentang dan umbi-umbian seperti singkong dan ubi jalar merupakan sumber karbohidrat kompleks atau yang juga sering disebut pati (starch).

Selain menambah asupan kalori harian, pati juga menyediakan energi dalam bentuk glukosa dan sebagian akan disimpan dalam tubuh sebagai glikogen.

4. Roti gandum

Makanan untuk menambah berat badan selanjutnya adalah roti gandum. Sumber karbohidrat lain yang tak kalah mudah untuk Anda temui adalah roti gandum.

Jenis makanan ini tergolong sederhana, tetapi dapat menyediakan kalori yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: Rekomendasi Obat Alami untuk Meredakan Asam Urat

5. Daging merah

Daging merah dianggap sebagai makanan untuk menambah berat badan yang ideal, karena selain mengandung kalori yang tinggi, daging juga dapat membantu membangun otot.

Pilih potongan daging sapi yang tidak mengandung banyak lemak, untuk mengurangi risiko Anda terkena penyakit akibat lemak berlebih.

Itulah beberapa makanan sehat bernutisi untuk menambah berat badan yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News