Keluarga

5 Makanan Penyebab Otot Sulit Terbentuk, Ada yang Banyak Orang Suka

5 Makanan Penyebab Otot Sulit Terbentuk, Ada yang Banyak Orang Suka

MOMSMONEY.ID - Sedang membentuk otot? Hindari 5 makanan penyebab otot sulit terbentuk ini.

Otot yang terbentuk dengan ideal akan memperbaiki sensitivitas insulin, mengurangi risiko jatuh, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Untuk mendapatkannya, pola makan yang sehat dan tepat sangat diperlukan seraya rutin berolahraga.

Selain mengetahui makanan apa saja yang disarankan, Anda juga harus mengetahui daftar makanan yang sebaiknya dihindari selama proses pembentukan otot.

Dilansir dari BensNaturalHealth, berikut 5 makanan penyebab otot sulit terbentuk dan patut dihindari saat sedang membentuk otot:

Baca Juga: Ingin Perut Terlihat Sixpack? Lakukan 5 Cara Bikin Otot Perut alias Abs Ini Saja

1. Gorengan

Gorengan

Jika Anda hendak pergi ke gym untuk waktu yang lama, Anda mungkin tergoda untuk makan sebelum pergi agar tidak lapar nantinya.

Sebaiknya, lewati makanan yang digoreng sebelum pergi ke gym. Karena, gorengan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna serta dapat menyebabkan sakit perut.

Apabila menderita sakit perut, kemungkinan besar Anda tidak bisa workout sekeras yang Anda inginkan. Pada akhirnya, upaya Anda untuk membentuk otot akan ikut terganggu.

2. Minuman dan makanan manis

Minum soda

Minuman manis seperti soda, teh manis, dan minuman olahraga sering kali mengandung tambahan gula untuk satu hari dalam satu porsi saja.

Jika Anda sering mengonsumsi minuman tinggi gula semacam itu, kadar glukosa darah Anda akan meningkat dan menyebabkan insulin menyimpan energi sebagai lemak.

Tatkala kadar gula darah melonjak setelah minum minuman manis, kemungkinan tubuh akan memecah protein alih-alih membangunnya. Akibatnya, otot akan sulit terbentuk.

Selain minuman, tambahan gula juga banyak ditemukan pada sereal kering, yogurt beraroma, sup, bumbu, dan makanan olahan lainnya.

Untuk membantu Anda mengidentifikasi gula tambahan dalam makanan-makanan tersebut, pastikan membaca label bahan makanan dan nutrisi yang ada di kemasannya.

Baca Juga: Lakukan Setiap Hari, Ini Sederet Manfaat Berjemur Pagi Hari untuk Kesehatan

3. Karbohidrat olahan

Roti tawar atau roti putih

Karbohidrat olahan termasuk roti putih, nasi putih, dan apapun yang terbuat dari biji-bijian olahan.

Sama halnya dengan minuman manis, karbohidrat olahan juga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan lebih cepat yang berisiko mengganggu laju sintesis protein.

Dibandingkan dengan biji-bijian utuh, biji-bijian olahan lebih rendah protein dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otot. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi biji-bijian utuh daripada biji-bijian olahan apabila ingin mendapatkan otot yang ideal.

Baca Juga: Jangan Tidur Telentang, Ini 4 Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Maag

4. Alkohol

Alkohol

Minum alkohol sesekali atau dalam jumlah sedang memang tidak akan memengaruhi pertumbuhan otot secara signifikan. Sebaliknya, minum alkohol terlalu banyak dapat menghambat pertumbuhan otot.

Menurut sebuah penelitian kecil, partisipan yang mengonsumsi alkohol setelah rutin berolahraga mengalami penurunan tingkat pertumbuhan otot bahkan saat mereka mengonsumsi protein.

Ingat, alkohol tidak memberikan nutrisi yang bermanfaat. Jadi, beralihlah ke makanan dan minuman yang terbukti bernutrisi untuk mendorong pembentukan otot.

5. Suplemen asam amino rantai cabang

Asam amino rantai cabang leusin, isoleusin, dan valin menyusun sekitar 20% protein dalam massa otot. Karena itu, suplemen asam amino rantai cabang atau branched-chain amino acid (BCAA) sangat populer di dunia binaraga.

Kendati demikian, sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi suplemen asam amino rantai cabang saja bisa meningkatkan pemecahan otot daripada sintesis otot.

Alangkah baiknya, Anda berfokus untuk mendapatkan asam amino secara alami dari makanan yang seimbang alih-alih bergantung pada suplemen.

Itulah 5 makanan penyebab otot sulit terbentuk dan harus dihindari saat Anda sedang berusaha membentuk otot. Jangan lupa dicatat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News