Bugar

5 Makanan Pengganti Nasi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

5 Makanan Pengganti Nasi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Nasi sebenarnya merupakan makanan yang penuh nutrisi dan sangat menyehatkan untuk tubuh dan juga bisa menambah energi. 

Selain menjadi sumber energi harian karena tinggi kandungan karbohidrat, nasi putih juga mengandung banyak nutrien penting, seperti serat, protein, magnesium, dan zinc.

Untungnya, ada alternatif karbohidrat lain yang bisa menjadi makanan pengganti nasi putih. Makanan ini cocok bagi Anda yang sedang diet atau sedang ingin mengendalikan kadar gula darah.

Baca Juga: Inilah 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari. Cari Tahu Yuk!

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa makanan pengganti nasi yang bak untuk kesehatan tubuh, antara lain: 

Ubi jalar

Ubi jalar adalah umbi-umbian lezat yang cocok dimasukkan dalam berbagai hidangan. Satu buah ubi jalar panggang berukuran sedang mengandung 23,61 gram karbohidrat.

Selain itu, ubi jalar juga merupakan sumber potasium, vitamin A, dan vitamin C yang sangat baik.

Nasi merah

Nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada nasi putih. Dalam 100 gram nasi merah, terdapat kandungan serat sebanyak 0,7 gram.

Nasi merah termasuk dalam kelompok karbohidrat kompleks. Artinya, makanan ini dicerna lebih lama sehingga menimbulkan kenyang lebih lama.

Jagung

Jagung adalah sayuran yang dapat dinikmati sebagai lauk, camilan, atau campuran salad. Seporsi jagung dengan berat 100 gram mengandung 25 gram karbohidrat dan 3,36 gram protein.

Jagung bisa jadi pilihan makanan pengganti nasi yang sehat, karena bisa menstabilkan kadar gula darah.

Baca Juga: Waspada Perut Buncit! Bisa Jadi Ada Kista dalam Perut

Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu biji-bijian yang paling sehat dan serbaguna. Secangkir oatmeal utuh mengandung sekitar 27 gram karbohidrat, selain 5 gram protein dan 4 gram serat.

Selain mengenyangkan, oatmeal juga dapat memelihara kesehatan jantung dan juga menyehatkan tubuh.

Roti gandum utuh 

Roti gandum utuh memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada nasi putih. Hal ini membantu agar gula darah Anda tidak cepat naik dan juga mencegah lapar datang lebih cepat.

Selain itu, roti gandum juga tinggi akan kandungan seratnya. Sepotong roti gandum yang setara dengan berat 46 gram mengandung serat sebanyak 4 gram.

Salah satunya, konsumsi gandum dapat mengurangi risiko Anda terhadap penyakit kronis seperti penyakit gula darah dan penyakit jantung.

Itulah berbagai makanan pengganti nasi yang baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsilah bergantian agar Anda tidak bosan. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News