HOME, Bugar

5 Makanan Penambah Stamina saat Tubuh Mulai Lesu

5 Makanan Penambah Stamina saat Tubuh Mulai Lesu

MOMSMONEY.ID - Makanan yang bisa menambah stamina tubuh sangat beragam dan bisa ditemukan di sekitar. Asupan makanan yang bisa menambah stamina tubuh sangatlah penting, apalagi saat kesibukan menuntut tubuh bekerja lebih keras.

Supaya masalah ini tidak menurunkan performa tubuh, ada baiknya mencoba makanan penambah stamina yang bisa membuat tubuh kembali bertenaga. 

Setiap makanan pasti bisa menambah stamina. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang hanya memberikan stamina sesaat. Namun, ada juga makanan penambah stamina dengan efek yang tahan lama. Maka itu, kenali makanan penambah stamina yang teruji secara ilmiah ini.

Dirangkum dari Healthline dan Everyday Health, ada 5 makanan penambah stamina saat tubuh mulai terasa lesu, Anda bisa mengonsumsi 5 makanan berikut ini. 

1. Alpukat

Avocado

Alpukat adalah buah serba guna yang manfaatnya bisa dinikmati dalam segala suasana. Alpukat bisa menjadi makanan penambah stamina, karena mengandung nutrisi, serat, dan protein yang bisa memberikan tenaga lebih lama. Apalagi, alpukat mengandung lemak baik yang bisa meningkatkan energi tubuh Anda.

2. Pisang

Pisang

Pisang menjadi makanan penambah stamina yang sangat ampuh. Buah berwarna kuning ini adalah sumber gula alami yang bisa memberikan energi. Selain itu, pisang juga kaya akan serat. Sebuah studi membuktikan, pisang bisa membantu atlet bersepeda lebih lama dengan trek yang panjang.

Baca Juga: Lengkap! Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

3. Yogurt

Avocado Avocado Yogurt Products made from avocado Food nutrition

Karbohidrat yang dikandung yogurt datang dalam bentuk gula (laktosa dan galaktosa). Saat dipecah dalam tubuh, keduanya bisa menyuplai stamina dan energi untuk tubuh. Oleh karena itu, yogurt bisa menjadi makanan penambah stamina instan yang tahan lama.

4. Telur

Telur rebus

Telur mengandung protein yang banyak, telur tidak menyebabkan peningkatan gula darah dan insulin. Itulah sebabnya, telur bisa menjadi makanan penambah stamina. Apalagi, telur mengandung asam amino bernama leusin yang mampu mendongkrak stamina Anda.

5. Ikan

Lodeh Ikan Tongkol

Pada umumnya, ikan adalah makanan penambah stamina yang kaya akan protein. Sebab kebanyakan ikan mengandung vitamin B, yang bisa membuat tenaga Anda tahan lama seharian.

Ikan seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang bisa meningkatkan fungsi otak dan meredakan peradangan sehingga rasa lelah pun dapat berkurang. 

Selanjutnya: 5 Manfaat Vitamin untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News