HOME, Bugar

5 Makanan Pemicu Risiko Penyakit Jantung, Cegah dari Sekarang

5 Makanan Pemicu Risiko Penyakit Jantung, Cegah dari Sekarang

MOMSMONEY.ID - Gaya hidup serta pola makan tak sehat membuat risiko penyakit jantung semakin meningkat. Apalagi jika yang dikonsumsi berupa makanan tinggi lemak, gula, ataupun garam yang tak ramah jantung.

Pentingnya menjaga asupan makanan menjadi hal yang utama, terlebih jika anda adalah seseorang dengan kadar kolesterol yang tinggi. Setidaknya, ini dapat sedikit mencegah anda dari risiko penyakit jantung.

Untuk itu, perlu anda ketahui makanan dan minuman berikut yang dapat memicu penyakit jantung. Dirangkum dari Eat This, Primarasa, Mayo Clinic, dan Future You Cambridge, ini dia selengkapnya!

Baca Juga: Promo Mingguan 30 Agustus – 5 September 2021, 1 Lusin Donut & 1 Box JPops Rp 115.000

Margarin

Margarin terbuat dari minyak terhidrogenisasi sebagian yang mengandung lemak trans.

Lemak trans itu sendiri menurut Dinas Kesehatan Kulon Progo merupakan lemak yang termasuk golongan lemak tak jenuh yang nyatanya lebih berbahaya daripada lemak jenuh.

Lemak trans dianggap sebagai lemak yang paling berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia karena dapat menaikan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik).

Inilah yang menyebabkan margarin sebagai salah satu makanan paling dihindari jika anda memiliki risiko penyakit jantung. Karena margarin dapat menyumbat pembuluh darah oleh sebab kandungan lemak transnya yang tinggi.

Baca Juga: Promo KFC Kombo Duo Serba Dobel Hanya Rp 50.000-an Berlaku Setiap Hari

Makanan beku

Makanan Beku yang wajib dihindari agar mencegah risiko penyakit jantung

Baca Juga: Resep Kreasi Makanan & Minuman untuk Buka Puasa Senin-Kamis

Makanan beku ataupun makanan siap saji adalah salah satu makanan yang dapat memicu penyakit jantung.

Makanan beku mengandung lemak, gula, garam, dan kalori yang sangat tinggi. Dalam seporsi makanan beku, kebutuhan tubuh akan garam telah lebih dari cukup untuk dikonsumsi tubuh.

Akibatnya, tubuh anda mulai melebar dan dapat mengancam kesehatan jantung karena penumpukan lemak pada arteri.

Es Krim

Es krim

Baca Juga: Yuk, Ikuti! Ini Cara Alami Hilangkan Karat pada Pisau Dapur

Es Krim yang lezat nyatanya menjadi salah satu makanan yang dapat memicu penyakit jantung, lo!

Es Krim mengandung gula yang sangat tinggi serta milk fat yang didominasi oleh kolesterol buruk.

Orang-orang yang memiliki risiko besar terhadap penyakit jantung diharapkan untuk tidak mengonsumsinya sama sekali untuk menghindarkan penyakit jantung serta stroke yang tak terduga.

Namun jika anda tidak memiliki risiko penyakit jantung, anda masih diperbolehkan untuk mengonsumsinya sesekali saja, asalkan tidak terlalu sering.

Baca Juga: Resep Ayam Rempah Lada Hitam yang Hangatkan Tenggorokan

Keju

Keju merupakan makanan yang buruk bagi kesehatan tubuh. Keju dapat memicu penyakit jantung karena memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi.

Lemak jenuh biasanya disimpan dengan sangat mudah oleh tubuh di bagian perut. Sayangnya, selain dapat membuat perut buncit, keju juga memicu memicu malapetaka bagi jantung anda.

Maka dari itu, usahakan untuk meminimalisir konsumsi keju agar jantung anda tetap sehat.

Baca Juga: Lobak Putih Bisa Atasi Tekanan Darah Tinggi, Cek Faktanya

Soda

Soda dapat memicu penyakit jantung. Ini disebabkan soda mengandung gula yang sangat tinggi dan dapat menyebabkan lonjakan insulin yang drastis.

Lonjakan insulin ini diproses oleh tubuh dan perlahan tapi pasti, kandungan gula pada soda mampu menyebabkan peradangan yang dapat memicu penyakit jantung.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Selada Romaine, Salah Satunya Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Keripik kentang

Keripik kentang dapat memperburuk risiko penyakit jantung

Baca Juga: Moms Perlu Tahu! Ini 6 Teknik Memasak Agar Masakan Buatanmu Beragam

Keripik kentang jelas mengandung kalori, lemak, dan natrium yang sangat tinggi. Namun terkadang, sangat sulit untuk berhenti mengonsumsi makanan lezat ini disebabkan rasanya yang begitu enak dan bikin ketagihan.

Keripik kentang dapat memacu penyakit pada jantung karena kandungan garamnya yang sangat tinggi. Padahal, normalnya tubuh hanya membutuhkan 2.300 miligram garam setiap harinya.

Pengonsumsian garam lebih dari itu dapat memicu tekanan darah tinggi dan risiko serius penyakit jantung.

Baca Juga: Simak Kiat Menjaga Imun Tubuh Selama Pandemi, Sudah Anda Lakukan?

Dengan mengonsumsi keripik kentang, anda bisa memenuhi hampir sebagian besar kebutuhan garam pada tubuh. Celakanya, kebutuhan garam bisa dicukupi hanya mengonsumsi sebungkus keripik kentang.

Bayangkan jika anda mengonsumsi makanan lainnya, sudah dapat dipastikan kebutuhan garam pada tubuh akan berlebih dan dapat memicu penyakit jantung.

Selanjutnya: Kandungan Bawang Bombay Bisa Bermanfaat Meringankan Berbagai Penyakit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News