ads

5 Makanan Pemicu Penyakit Psoriasis yang Perlu Dihindari

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 04 Agustus 2022 | 13:25 WIB
5 Makanan Pemicu Penyakit Psoriasis yang Perlu Dihindari


MOMSMONEY.ID - Psoriasis adalah kelainan kulit kronis yang membuat tubuh memproduksi lebih banyak sel kulit secara tak terkendali.

Supaya tidak kambuh, sebaiknya perhatikan daftar pantangan penderita psoriasis. Berikut berbagai pantangan makanan dan minuman bagi penderita psoriasis yang seharusnya dihindari.

Seperti yang dilansir dari Skin Health, inilah beberapa makanan pemicu penyakit psoriasis yang perlu dihindari, antara lain: 

Baca Juga: Sering Masak Pakai Alumunium? Kenali Bahaya Alumunium untuk Kesehatan

Makanan olahan yang dibekukan

Menurut ahli dari Academy of Nutrition and Dietetics, Amerika Serikat, makanan, seperti pizza atau makanan olahan yang dibekukan, bisa memicu peradangan di dalam tubuh.

Alasannya, makanan ini mengandung banyak gula dan tepung olahan di dalamnya. Makanan kemasan olahan yang mengalami proses pengolahan berlapis, juga dapat dengan mudah meningkatkan senyawa pemicu peradangan dalam tubuh. 

Gluten

Pada beberapa kasus, penderita psoriasis juga sensitif terhadap protein gluten yang biasa terdapat dalam roti, gandum, pasta, dan sereal.

Bila orang-orang dengan kondisi ini makan makanan yang mengandung gluten, efeknya bisa memperparah gejala psorasis yang dirasakan. 

Produk susu dan olahannya

Meski bergizi dan tinggi kalsium, tapi susu terkadang dapat meningkatkan gejala masalah kulit ini. Alasannya karena kandungan asam arakidonat yang ada di dalamnya.

Asam ini merupakan senyawa yang bisa memicu peradangan alami di dalam tubuh.

Baca Juga: Obat Penicillin : Dosis, Efek Samping dan Kegunaannya. Simak Penjelasannya di Sini!

Daging merah

Selain dapat meningkatkan masalah kardiovaskular, daging merah diuga dapat memicu masalah kulit.

Kandungan lemak tak jenuh yang disebut asam arakidonat juga dapat membuat gejala psoriasis semakin parah. Alasannya sama seperti di atas, karena bisa memicu radang di dalam tubuh.

Alkohol dan soda

Alkohol dan soda adalah minuman yang dapat memperparah psoriasis sehingga tetap menjadi pantangan. Sebab, mengonsumsi lebih dari segelas alkohol dalam sehari dapat memperlebar pembuluh darah.

Itulah beberapa makanan pemicu penyakit psoriasis yang perlu dihindari agar gejalanya tidak muncul dan tidak memperparah psoriasis yang Anda alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER