Bugar

5 Makanan Kaya Serat Ini Sangat Baik untuk Kesehatan Balita. Apa Saja?

5 Makanan Kaya Serat Ini Sangat Baik untuk Kesehatan Balita. Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Asupan serat sangat diperlukan oleh tubuh, apalagi anak-anak. Karena serat berperan penting untuk menjaga kesehatan serta untuk memperlancar sistem pencernaan.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan setiap anak untuk mengonsumsi serat sebanyak usianya dan ditambah 5 gram.

Jadi, jika si kecil berusia 5 tahun, maka kebutuhan serat minimalnya adalah sebesar (5+5) gram, yaitu 10 gram.

Namun, ada beberapa pilihan makanan berserat yang cocok dikonsumsi oleh anak, baik karena kandungan nutrisinya maupun rasanya.

Baca Juga: Jangan Sembarangan! Ini 4 Cara Tepat Mengobati Luka Penderita Diabetes

Dilansir dari Kids Health, berikut ini adalah beberapa makanan mengandung banyak serat yang baik untuk balita, antara lain: 

Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang digemari anak karena memiliki rasa manis dan tekstur lembut. Buah ini sangat cocok dijadikan camilan sehat untuk Si Kecil.

Selain melancarkan pencernaan, pisang juga bisa menjadi sumber energi, serta menjaga kesehatan dan fungsi ototnya.

Apel

Apel mengandung 3,6 gram serat dalam porsi kecil. Biasakan untuk mengonsumsi apel setiap hari dan lihat perbedaannya pada buah hati Anda.

Ketika si kecil bosan, Anda bisa mengolah apel dalam bentuk lain, misalnya dengan cara dijus. Ingat, tak perlu menambahkan gula ke dalam jus apel anak.

Oatmeal

Selain kaya akan serat, oatmeal juga mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak sehat, yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak.

Agar lebih nikmat disantap Si Kecil, Bunda bisa menyajikan oatmeal bersama kayu manis, susu, atau buah-buahan segar.

Baca Juga: Moms, Ini 5 Makanan Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi Ibu Menyusui

Pir

Dalam 1 buah pir ukuran sedang, terkandung sekitar 5 gram serat. Buah ini juga rendah kalori dan kaya akan vitamin C.

Selain menyehatkan sistem pencernaan, nutrisi pada pir juga dapat mendukung proses pembekuan darah, memperbaiki sel-sel tubuh, serta mencegah penyakit kronis.

Wortel

Makanan mengandung banyak serat yang baik untuk balita selanjutnya adalah wortel. Wortel merupakan salah satu sayuran yang terkenal kaya akan serat.

Sayuran ini juga mengandung banyak vitamin A yang dapat mendukung kesehatan mata dan menjaga berat badan ideal Si Kecil.

Anda bisa mengolah wortel menjadi berbagai kreasi masakan, misalnya sup wortel, bakso wortel, atau nugget wortel.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait makanan berserat atau makanan bernutrisi lainnya yang baik untuk diberikan kepada anak, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News