HOME, Bugar

5 Makanan Ini Penting untuk Menjaga Kesehatan Jantung

5 Makanan Ini Penting untuk Menjaga Kesehatan Jantung

MOMSMONEY.ID - Penyakit jantung memang banyak jenisnya dan dianggap sebagai silent killer dan menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia.

Penyakit jantung bisa terjadi pada bagian pembuluh darah jantung, irama jantung, katup jantung, hingga adanya gangguan akibat faktor pemicu lainnya.  

Hal ini membuat jantung tidak dapat menjalankan fungsi dengan baik, yaitu mengalirkan darah yang penuh dengan oksigen ke seluruh tubuh.  

Berbagai pencegahan bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Mulai dari rutin melakukan olahraga dan mengatur pola makan yang sehat.  

Baca Juga: Kenali dan Waspadai! 5 Jenis Penyakit Ini Sering Dialami Anak Muda

Anda bisa melakukan pencegahan penyakit jantung dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung. 

Dilansir dari Healthline, inilah makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, antara lain:   

1. Buah beri

Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung pertama adalah buah beri. Aneka buah beri seperti blueberry, strawberry, raspberry, dan blackberry, dapat menjadi camilan sehat yang baik bagi jantung.  

Manfaat ini didapat karena buah beri memiliki kandungan serat dan antioksidan, yang mampu menurunkan risiko serangan jantung.  

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang efek buah beri terhadap kesehatan jantung.  

2. Bawang putih

Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung kedua adalah bawang putih. Cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah memelihara tekanan darah agar tidak terlampau tinggi.  

Bawang putih bisa dijadikan sebagai pengganti garam alami yang dapat menambah rasa gurih pada makanan, tanpa memengaruhi tekanan darah.  

3. Teh hijau

Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung ketiga adalah teh hijau. Rutin mengonsumsi teh hijau setiap hari disebut-sebut bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.  

Namun, jangan konsumsi teh hijau secara berlebihan juga, karena dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal.  

Mengonsumsi teh hijau setiap hari itu baik, tetapi Anda juga perlu memperbanyak konsumsi air putih, agar terhindar dari risiko dehidrasi dan sistem kemih tetap lancar.  

 4. Tahu

Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung selanjutnya adalah tahu. Melansir Healthline, tahu menjadi makanan sehat untuk mencegah penyakit jantung.  

Kandungan kacang kedelai pada tahu mampu menurunkan risiko terjadinya gangguan jantung.  

Selain itu, tahu juga memiliki kandungan saponin, kandungan senyawa yang menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.  

Baca Juga: 4 Gangguan Kesehatan yang Sering Terjadi Saat Ibu Hamil Berpuasa

5. Kacang-kacangan

Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung terakhir adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan dengan kandungan fitonutrien yang tinggi.  

Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat dan air, sehingga membuat cepat kenyang.  

Hal ini dapat mencegah Anda mengonsumsi banyak kalori. Makanan ini juga mengandung antioksidan, yang dapat mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.  

Itulah jenis makanan menyehatkan untuk jantung. Selain itu, sebaiknya rutin memeriksakan kesehatan jantung di rumah sakit pilihan agar dapat mendeteksi sejak dini segala gangguan.  

Jangan lupakan juga untuk rutin melakukan olahraga untuk menunjang kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News