Keluarga

5 Makanan Ini Mengandung Zat Besi Lebih Tinggi daripada Daging Merah

5 Makanan Ini Mengandung Zat Besi Lebih Tinggi daripada Daging Merah

MOMSMONEY.ID - Ada berbagai makanan yang mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging merah. Apakah itu? Untuk tahu jawabannya, simak artikel berikut ini.

Daging merah merupakan salah satu sumber zat besi terbaik yang bisa didapatkan tubuh. Sayangnya, tak semua orang dapat mengonsumsi daging merah setiap hari.

Tapi tenang saja, ada banyak makanan yang mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging.

Daging Merah

Baca Juga: Kurang Kalsium? Ini 5 Makanan yang Mengandung Kalsium Lebih Tinggi dari Susu

Sebagai informasi, zat besi sangat penting untuk tubuh. Zat besi membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Idealnya, wanita harus mengonsumsi 18 mg zat besi per hari, sementara pria butuh 8 mg saja.

Kekurangan zat besi membuat tubuh mudah lemas, lesu, hingga sebabkan rambut rontok dan kuku mudah patah.

Pada umumnya, masyarakat bisa memperoleh zat besi dari daging merah, salah satunya daging sapi. Menurut USDA, dalam 100 gram daging sapi, terkandung 2,6 mg zat besi. Ini menjadikan daging sapi sebagai salah satu makanan yang mengandung zat besi tinggi.

Baca Juga: Waspadai Gejalanya, Ini 5 Tanda Aneh pada Tubuh Saat Kekurangan Zat Besi

Sayangnya, tak semua masyarakat mampu mengonsumsi daging sapi.

Nah untuk mengatasinya, diperlukan opsi lain diet sehat makanan-makanan yang mengandung zat besi tinggi, selain daging sapi.

Untuk tahu apa saja makanan yang mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging, MomsMoney telah merangkumnya dari laman Prevention dan eating well, berikut ini.

Tiram

Tiram segar

Makanan laut juga bisa jadi pengganti daging merah yang baik untuk tubuh, salah satunya tiram.

Tiram mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging merah. Dengan hanya memakan 4 tiram berukuran besar, Anda bisa mendapatkan 7,8 mg zat besi. Anda juga akan mendapatkan 5 mg zinc yang sulit didapat, yakni mineral penting untuk kekebalan tubuh.

Baca Juga: Punya Karakter Rasa Berbeda, Ini 5 Jenis Susu yang Cocok Dipadukan Bersama Kopi

Tahu

Menurut USDA, dalam setiap 100 gram tahu mengandung 5,4 mg zat besi yang membuat tahu menjadi salah satu makanan yang mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging.

Tahu juga mengandung 18 gram protein serba guna. Tahu termasuk makanan yang murah dan mudah didapat. Anda bisa mengolah tahu menjadi aneka jenis masakan.

Kacang merah

Kacang merah

Dalam 1 cup/cangkir (25 gram) kacang merah, terkandung 5 mg zat besi di dalamnya. Ini membuat kacang merah termasuk ke dalam makanan yang mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging.

Selain itu, kacang merah juga mengandung 13 gram serat pengisi usus dan 15 gram protein nabati yang baik untuk membantu mengontrol berat badan berlebih.

Baca Juga: Para Pencari Cuan, Ikuti 6 Cara Hindari Stres Saat Bekerja biar Lebih Produktif

Bayam

Bayam

Bayam dikenal sebagai makanan yang mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging. Untuk ½ cup (ukuran 12,5 gram) bayam yang dimasak, mengandung 3 mg zat besi. Selain itu, bayam juga mengandung kalsium, potassium, folat, vitamin A, C, dan K.

Baca Juga: Sering Kita Konsumsi, 6 Makanan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Racun untuk Tubuh

Nasi putih

Rutin makan nasi putih sebagai makanan pokok sehari-hari? Tenang, Anda tak perlu takut kekurangan zat besi. Ini karena nasi putih merupakan makanan yang mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging.

Dalam 1/3 cangkir nasi putih mengandung 3 mg zat besi. Menyajikan nasi putih bersama makanan lainnya seperti buncis dan kacang mampu memenuhi kebutuhan harian zat besi pada tubuh Anda hanya dalam 1 kali makan.

Demikian info jenis-jenis makanan yang mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging. Jika Anda jarang konsumsi daging merah, coba konsumsi makanan di atas untuk dapat asupan zat besi pengganti yang seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News