HOME, Bugar

5 Makanan Ini Dapat Membantu Mengobati Sakit Kepala

5 Makanan Ini Dapat Membantu Mengobati Sakit Kepala

MOMSMONEY.ID - Sakit kepala bisa datang secara tiba-tiba yang langsung kuat atau muncul bertahap. Rasa sakitnya bisa bertahan sebentar, beberapa hari, bahkan hingga hitungan bulan.  

Selain mengonsumsi obat pereda sakit kepala, Anda juga bisa rutin mengonsumsi makanan sehat ini sebagai penghilang nyeri sakit kepala.

Dikutip dari Cleveland Clinic, mengonsumsi makanan yang mengandung MSG, nitrat, tiramin, maupun minuman seperti alkohol dan kafein secara berlebihan dapat menjadi penyebab sakit kepala. 

Dirangkum dari Medical News Today dan Mayo Clinic, berikut adalah beberapa makanan yang dapat menjadi pereda sakit kepala:

1. Semangka

Dehidrasi menjadi salah satu kondisi yang dapat meningkatkan risiko sakit kepala. Tidak ada salahnya mengonsumsi buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi, seperti semangka untuk mengatasi maupun mencegah dehidrasi.

Baca Juga: Kenali Gejala Infeksi Gigi dan Cara Mengatasinya

2. Roti gandum utuh

Rendahnya kadar gula darah adalah salah satu pemicu kemunculan sakit kepala tiba-tiba. Hal ini disebabkan minimnya kandungan glukosa juga memicu dehidrasi dan penurunan energi.

Akibatnya, suplai nutrisi dan oksigen yang diedarkan menuju otakjadi berkurang. Sebagai cara cepat untuk meningkatkan kadar gula darah, konsumsilah roti gandum utuh.

Karbohidrat dalam gandum utuh tidak mudah dicerna oleh tubuh, sehingga dapat mempertahankan kestabilan kadar gula darah lebih lama dari roti putih biasa.

3. Ikan

Ikan menjadi makanan sehat yang dapat kamu konsumsi untuk mengurangi dan juga mencegah sakit kepala. Hal ini disebabkan beberapa jenis ikan memiliki kandungan omega 3 yang dinilai efektif mengatasi sakit kepala.

Asam lemak omega 3 dinilai mampu menghambat produksi prostaglandin yang merupakan hormon pemicu sakit kepala. Pilihlah jenis ikan yang memiliki kandungan omega 3, seperti ikan salmon, kembung, tenggiri, dan juga tuna.

4. Kacang almond 

kacang almond adalah contoh lain dari makanan pereda sakit kepala yang kaya akan kandungan magnesium. Seperti disebutkan sebelumnya, kandungan magnesium memang dibutuhkan penderita sakit kepala, terutama migrain.

Pasalnya, orang yang mengalami migrain cenderung memiliki kadar magnesium yang rendah dibandingkan mereka yang tidak. Adapun kadar magnesium yang rendah dalam aliran darah dapat menyebabkan peradangan, yang bisa menimbulkan sakit kepala migrain.

Baca Juga: Waspadai! Inilah Gejala Depresi yang Kerap Dialami Remaja

5. Pisang

Rendahnya kadar gula juga dapat meningkatkan risiko sakit kepala. Kadar glukosa yang rendah juga menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi sehingga oksigen menuju otak berkurang dan akhirnya sakit kepala.

Anda bisa mengonsumsi buah yang memiliki rasa manis alami, seperti pisang untuk meningkatkan kadar glukosa sehingga kamu dapat meringankan gejala sakit kepala.

Itulah beberapa makanan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi dan mencegah sakit kepala. Selain menjalani pola makan sehat, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan istirahat, perhatikan asupan air putih, dan juga kelola stres dengan baik agar kamu dapat mencegah sakit kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News