Bugar

5 Makanan Ini Baik untuk Penderita Penyakit Liver jika Rutin Dikonsumsi

5 Makanan Ini Baik untuk Penderita Penyakit Liver jika Rutin Dikonsumsi

MOMSMONEY.ID - Penyakit liver bisa menyerang siapa saja. Ketika liver atau hati mengalami gangguan, otomatis kerja dalam membersihkan darah dari racun menjadi lebih berat.  

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk menjaga berat badan ideal serta memelihara kekuatan organ tubuh secara keseluruhan adalah hal penting bagi penderita penyakit liver.    

Maka itu, penderita penyakit liver wajib mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi seimbang. Hal ini penting dalam menunjang kesehatan liver atau hati.

Baca Juga: Anda Mengalami Ambeien? Sembuhkan dengan Sederet Obat Alami Ini

Melansir laman resmi British Liver Trust, berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang baik untuk penderita penyakit liver, antara lain: 

Buah anggur

Makanan sehat yang baik untuk penderita penyakit liver pertama adalah buah anggur. Buah anggur terutama anggur merah dan ungu termasuk makanan yang baik dikonsumsi penderita liver.

Anggur mengandung senyawa resveratrol yang potensial mengatasi peradangan, mencegah kerusakan sel, dan meningkatkan antioksidan. 

Ikan

Makanan sehat yang baik untuk penderita penyakit liver kedua adalah ikan. Ikan seperti salmon, haring dan tuna, mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk liver.

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi ikan terbukti bisa mencegah penumpukan lemak, menjaga enzim liver normal, sampai melawan peradangan.  

Sayuran hijau

Makanan sehat yang baik untuk penderita penyakit liver ketiga adalah sayuran hijau. Sayuran seperti kale dan kol yang kaya sulfur mampu membantu liver menetralkan racun.   

Tidak cuma vitamin dan mineral, sayuran berdaun hijau juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi hati dari kerusakan akibat racun radikal bebas.

Baca Juga: Mengenal Gejala dan Penyebab Penyakit Liver. Simak Penjelasannya di Sini!

Kopi dan teh hijau

Makanan sehat yang baik untuk penderita penyakit liver selanjutnya adalah kopi dan teh hijau. Konsumsi kopi bisa melindungi hati dari kerusakan dan menjaga fungsinya tetap optimal.

Kopi juga dapat mengurangi risiko kerusakan hati permanen dan sirosis (pengerasan) pada penderita penyakit liver kronis.  

Sama halnya dengan teh hijau, konsumsi teh ini diyakini mengurangi stres oksidatif dan penumpukan lemak di hati.  

Kacang-kacangan

Makanan sehat yang baik untuk penderita penyakit liver terkahir kacang-kacang. Kacang termasuk asupan yang tinggi lemak, kaya akan antioksidan, dan vitamin E.

Nutrisi yang terkandung dalam kacang tersebut baik untuk menjaga kesehatan liver. Studi membuktikan, penderita penyakit liver yang rutin makan kacang enzim hatinya jadi meningkat.  

Selain menerapkan pola makan sehat, penderita penyakit liver juga perlu mengontrol berat badandan kadar gula darah serta rutin melakukan olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News