HOME, Bugar

5 Makanan Ini Baik Dikonsumsi untuk Meredakan Asma

 5 Makanan Ini Baik Dikonsumsi untuk Meredakan Asma

MOMSMONEY.ID - Asma merupakan penyakit saluran pernapasan yang ditandai dengan keluhan sesak serta mengi. Penyakit ini bisa kambuh mendadak, karena serangan asma dapat dipicu paparan debu, bulu binatang, asap rokok, udara dingin, dan lain sebagainya, dikutip dari Medical News Today.

Ada beberapa tanaman herbal yang bisa membantu meredakan gejala asma. Sekalipun, bahan-bahan alami atau herbal diklaim bisa meredakan gejala asma, sebelum benar-benar menggunakannya Anda tetap harus berkonsultasi dahulu dengan dokter.  

Dokter dapat membantu memastikan bahwa Anda benar-benar boleh menggunakan obat tradisional dan tidak akan berdampak negatif pada kondisi asma Anda. Berikut beberapa makanan dan minuman alami yang mungkin berguna untuk Anda.  

Baca Juga: Konsumsi Bayam Merah untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

1. Kafein

Ternyata kafein pada kopi dapat membantu mengendalikan serangan asma. Bahkan kafein memiliki efek bronkodilator (pelega pernapasan) yang mirip dengan obat asma theophylline.  

Manfaat kafein adalah membantu merelaksasikan dan melegakan saluran pernapasan sehingga membantu Anda bernapas lebih mudah. Semakin kuat kopinya, semakin bagus hasilnya. Pastikan Anda tidak minum kopi hitam lebih dari 3 cangkir dalam sehari.  

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antiradang yang berguna sebagai obat herbal atau alami untuk meredakan gejala asma. Sifat antiradang pada bawang putih dipercaya mampu mengurangi peradangan pada saluran napas akibat asma.

3. Jahe

Khasiat jahe untuk kesehatan tubuh sudah diakui sejak zaman dulu, termasuk sebagai obat asma herbal atau alami. Para ahli menduga bahwa jahe dapat membantu mengurangi respons alergi dengan menurunkan menurunkan kadar IgE dalam tubuh.  

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Daun Suji, Bisa Mengatasi Masalah Pernapasan

4. Kunyit

Kunyit merupakan obat herbal penyakit asma yang bisa dicoba untuk meredakan kondisinya. Kunyit memiliki sifat anti-alergi. Kunyit terkenal ampuh untuk mengatasi gangguan saluran pernapasan.  

Hal ini dikarenakan kunyit mengandung curcumin cukup tinggi. Curcumin merupakan bahan aktif yang memiliki sifat efek anti-peradangan yang cukup kuat. Untuk mendapatkan manfaat kunyit untuk penyakit asma, kamu bisa membuat racikannya sendiri di rumah.  

5. Daun mint​

Daun mint merupakan obat herbal penyakit asma yang bisa digunakan untuk meredakan kondisinya. Manfaat daun mint sebagai pereda asma didapat dari adanya aroma mentol. Aroma mentol daun mint dapat membantu membuka saluran pernapasan keran mengandung anti-inflamasi.  

Daun mint juga memiliki sifat anti-bakteri yang berperan untuk mengobati infeksi akibat serangan bakteri pada saluran udara.

Selanjutnya: Manfaat Kunyit, Mulai Meredakan Sembelit Sampai Mencegah Penyakit Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News