HOME, Bugar

5 Latihan Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

5 Latihan Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

MOMSMONEY.ID - Salah satu organ vital pada tubuh yang bekerja tanpa henti adalah jantung dan paru-paru serta adalah organ utama yang sangat penting.

Memang seharusnya kesehatan jantung dan paru-paru sangat diperhatikan dengan pemeliharaan yang berkelanjutan supaya terhindari dari penyakit.  

Cara menjaga kesehatan jantung dan paru-paru sebenarnya sangat sederhana jika Anda jadikan kebiasaan dalam hidup, salah satunya dengan rajin berolahraga.

Baca Juga: Berbeda dengan Pria, Inilah 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Terjadi pada Wanita

Dilansir dari Healthline, inilah beberapa latihan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, antara lain: 

1. Berenang

Latihan sederhana untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru yang pertama adalah berenang. Berenang menjadi cara baik untuk meningkatkan kinerja jantung.

Pasalnya, air akan membantu tubuh untuk mengambang sehingga tidak membebani persendian. Cara ini bukan hanya melatih kekuatan otot kaki, namun juga baik untuk otot perut Anda. 

2. Jalan kaki (termasuk jalan cepat)

Latihan sederhana untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru yang kedua adalah jalan kaki. Berjalan kaki mungkin termasuk salah satu olahraga kardio yang mudah dan murah.

Bahkan berjalan kaki selama 10 menit setiap hari saja sudah terhitung sebagai usaha untuk menyehatkan jantung dan paru-paru Anda. 

3. Lompat tali

Latihan sederhana untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru yang ketiga adalah lompat tali. 

Kini saatnya Anda kembali mengambil tali dan melompat sebanyak-banyaknya untuk memenuhi target 150 menit per minggu dengan cara yang mudah dan murah.  

Baca Juga: Kenali Sederet Gejala Serangan Jantung yang Perlu Anda Ketahui

4. Naik tangga

Latihan sederhana untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru yang keempat adalah naik dan turun tangga. 

Anda bisa melatih diri secara bertahap, contohnya mulai naik tangga dari lantai 10 ke atas. Yang jelas, sesuaikan dengan kemampuan tubuh Anda. 

5. Bersepeda

Latihan sederhana untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru yang kelima adalah bersepeda. 

Jika bersepeda ke kantor tidak memungkinkan, sisipkan bersepeda dalam rutinitas Anda. Misalnya, untuk bersepeda ke pasar, mini market, maupun mengantar anak ke sekolah. 

Itulah beberapa latihan sederhana untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Sebaiknya lakukan engan rutin agar bisa merasakan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News