5 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Reporter: Helvana Yulian
Rabu, 22 September 2021 | 11:37 WIB
5 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

ILUSTRASI. 5 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

MOMSMONEY.ID - Dikutip dari situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan reproduksi adalah kondisi sejahtera sepenuhnya dari segi fisik, mental, sosial, fungsi, dan proses yang berkaitan dengan sistem reproduksi.

Menjaga kesehatan reproduksi wanita adalah hal yang penting, terutama bagi wanita yang tengah merencanakan kehamilan. Pasalnya, gangguan pada sistem reproduksi bisa berakibat fatal. Salah satunya dapat memicu gangguan seksual hingga sulit untuk hamil. 

Kesehatan reproduksi juga berarti seseorang dapat memiliki kehidupan seksual yang aman, memuaskan, serta kemampuan untuk bereproduksi sesuai dengan kehendaknya. Berikut ini langkah-langkah penting menjaga kesehatan alat reproduksi wanita.

Baca Juga: Hati-Hati! 5 Aktivitas Seksual Ini Bisa Sebabkan Penyakit Sifilis

1. Berhenti merokok

Sebatang rokok mengandung komposisi racun yang tak terhitung jumlahnya yang menyebabkan kecanduan, kanker dan masalah pada jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dapat membahayakan ovarium, rahim, dan area lain dari sistem reproduksi wanita.

Merokok selama kehamilan juga berpengaruh pada bayi yang belum lahir serta memicu kelainan bawaan. 

2. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala

Lakukan pemeriksaan rutin, termasuk pap smear dan tes infeksi penyakit menular seks. Tujuannya untuk memastikan deteksi dini kondisi apa pun dan memastikan kualitas hidup yang lebih baik. 

3. Makanan sehat 

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang juga bisa membantu menjaga kesehatan organ reproduksi. Wanita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, lemak sehat, antioksidan, serat, vitamin, dan mineral.

Baca Juga: Kenali 10 Gejala Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) Sejak Awal pada Perempuan

4. Istirahat cukup dan kelola stres 

Istirahat yang cukup dan mengelola stres juga harus dilakukan. Wanita dewasa disarankan untuk tidur setidaknya 7-9 jam setiap malamnya.

5. Lakukan seks yang aman

Seks yang aman penting untuk mencegah penyakit. Beberapa PMS tidak dapat disembuhkan, termasuk HIV, dan penyakit ini dapat mengubah hidup secara permanen. Sebelum melakukan hubungan seksual, kamu perlu tahu kesehatan pasangan dan gunakan kondom untuk mencegah penularan penyakit. 

Pola makan sehat, berat badan seimbang, olahraga dan tidur yang cukup adalah kebiasaan yang membantu sistem reproduksi tetap sehat. 

Selanjutnya: Merasa Sakit Saat Aktivitas Seksual? Bisa Jadi Anda Terkena Vaginismus

Editor: Helvana Yulian
Terbaru