Bugar

5 Kulit Buah yang Berkhasiat Merawat Kecantikan Wajah

5 Kulit Buah yang Berkhasiat Merawat Kecantikan Wajah

MOMSMONEY.ID - Seringnya Anda segera membuang kulit buah, namun jangan buru-buru membuangnya. Anda bisa memanfaatkan kandungan yang ada di dalam kulit buah untuk merawat kecantikan kulit. 

Kandungan kulit buah ini dipercaya mampu mencerahkan warna kulit, mengatasi jerawat bahkan mencegah penuaan dini. 

Anda bisa membuat kulit buah menjadi masker wajah ataupun scrub badan. Bahkan bisa juga hanya menggosokkan kulit buah ke bagian tubuh saja. Melansir natur-e.co.id, berikut kulit buah yang dipercaya mampu memberikan manfaat untuk kecantikan kulit: 

1. Jeruk

Kulit buah pertama yang baik untuk kulit yaitu jeruk. Kulit jeruk mengandung senyawa fitonutrien dan flavonoid yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit. Anda bisa membuat masker wajah dan scrub badan dari kulit jeruk ini. Pada masker wajah, parutkan kulit jeruk dan campurkan dengan madu.

Selanjutnya oleskan masker tersebut ke kulit wajah, diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas hingga bersih. Masker ini memberikan manfaat untuk mencegah penuaan dini, membersihkan pori-pori kulit dan mengurangi minyak berlebih. Sedangkan pada scrub tubuh, membuatnya juga tidak sulit.

Ambil parutan kulit jeruk dan campurkan dengan madu, minyak kelapa dan sedikit gula. Gosokkan dengan gerakan melingkar yang lembut ke area kulit yang cenderung kasar dan berwarna gelap seperti leher, siku dan lutut. Biarkan selama 30 menit untuk memberi waktu bagi kandungan vitamin C di dalamnya bisa meresap ke dalam kulit.

2. Mangga

Selanjutnya, kulit mangga juga bisa Anda manfaatkan untuk perawatan kulit. Kulit mangga mengandung karotenoid yang tinggi yang mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Selain itu, kandungan vitamin C dan E bermanfaat untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi, sunburn hingga mencegah penuaan dini. Cara merawat kulit dari kulit mangga sama dengan kulit pisang, cukup gosokkan kulit mangga bagian dalam langsung pada bagian wajah, diamkan sejenak baru bilas hingga bersih.

Baca Juga: Resep Lumpia Sayur Goreng Isi Coleslaw yang Meleleh di Mulut

3. Pisang

Kulit pisang mengandung antioksidan fenolik yang mampu menyamarkan flek hitam dan antibakteri yang mengatasi jerawat. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menggosokkan kulit pisang bagian dalam pada area kulit yang bermasalah dan ulangi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Pepaya

Kulit buah yang memiliki manfaat baik untuk kulit berikutnya adalah pepaya. Selain buahnya sering dijadikan masker, kulit pepaya mengandung enzim papain yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Anda perlu mengerok bagian dalam kulit pepaya, haluskan dan campur dengan madu. Oleskan campuran ini ke seluruh kulit wajah dan diamkan beberapa menit. Kemudian, bilas hingga bersih dan keringkan. 

5. Semangka 

Kulit buah yang bermanfaat untuk kulit lainnya adalah semangka. Buah yang mengandung banyak air ini, ternyata kulitnya bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Kulit semangka digunakan untuk membantu menjaga kulit tetap lembap.

Caranya yaitu masukkan kulit buah semangka ke dalam kulkas selama sekitar 10 menit lalu iris tipis dan letakkan di wajah selama 15 menit. Bilas dengan air dingin dan nikmati sensasi segar dan rileks seperti menggunakan sheet mask.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News