Keluarga

5 Kota Terfavorit Pencarian Properti di Kalangan Perempuan

5 Kota Terfavorit Pencarian Properti di Kalangan Perempuan

MOMSMONEY.ID - 99 Group Indonesia mengungkap tren minat perempuan dalam mencari properti. Berikut ini 5 kota terfavorit untuk pencarian properti di kalangan perempuan.

Country Manager 99 Group Indonesia Maria Herawati Manik bilang, banyak perempuan saat ini telah memiliki penghasilan sendiri, dengan didukung kemampuan mengelola keuangan yang baik. 

"Perempuan juga semakin melek properti dengan menyadari pentingnya memiliki properti sebagai potensi investasi jangka panjang," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (23/4).

Selain sebagai potensi investasi, kepemilikan hunian bagi perempuan juga bisa menjadi tempat tinggal yang aman dan nyaman, terutama saat memulai kehidupan keluarga baru bersama pasangannya.  

Peningkatan minat ini terlihat dari data internal 99 Group. Pencarian properti oleh kalangan perempuan mengalami peningkatan sekitar 12% pada periode Januari-Februari 2023.

Yakni, menjadi 58,7% dibandingkan periode yang sama pada 2022, di mana pencari properti kalangan perempuan saat itu tercatat 46,6%.

Baca Juga: Hari Kartini, BCA Tawarkan Bunga Kredit Murah Mulai 3,21% buat Perempuan Pengusaha

Tren minat perempuan dalam mencari properti

Menurut Product and Business Ops General Manager 99 Group Indonesia Shafirra Shikka Larasati, pencarian tipe properti di kalangan perempuan sangat didominasi oleh rumah tapak (99,8%), disusul apartemen (0,2%). 

"Preferensi perempuan cenderung memilih rumah tapak karena beberapa alasan, seperti fleksibilitas penggunaan ruang, kebutuhan privasi yang lebih besar, dan kepemilikan terhadap tanah serta area yang lebih luas dan dapat memiliki area taman," ungkap dia.

Dari sisi usia, perempuan yang aktif mencari properti didominasi kalangan usia produktif, yakni rentang usia 25-34 tahun (38,9%) dan 35-44 tahun (27,3%). 

Dua kelompok usia tersebut memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk memiliki hunian. 

Di sisi lain, perempuan kalangan Gen-Z, juga mulai memiliki minat yang cukup tinggi dalam mencari properti, sebesar 20,6%.

Perempuan Gen-Z mulai memasuki pasar tenaga kerja sehingga mereka berusaha membangun kemandirian finansial sekaligus mengumpulkan berbagai macam informasi yang diperlukan untuk mendapatkan hunian impian. 

"Mereka mulai menyadari pentingnya memiliki hunian sebagai aset dan potensi investasi jangka panjang," papar Laras.

Baca Juga: Tips Menentukan Asuransi Kesehatan yang Bisa Perempuan Pertimbangkan

Adapun lima kota terfavorit untuk pencarian properti di kalangan perempuan adalah: 

  • Tangerang (31,9%)
  • Bandung (16,7%)
  • Jakarta Barat (15,8%)
  • Jakarta Selatan (12,4%)
  • Bekasi (6,4%)

Kelima kota ini cenderung dekat dengan pusat Kota Jakarta. 

Hunian di dekat pusat kota bisa mendukung keseharian perempuan dalam mengakses fasilitas publik yang lebih terjangkau dan mumpuni, seperti rumah sakit, sekolah, transportasi umum, pusat perbelanjaan, tempat wisata dan tempat hiburan.

Baca Juga: Jangan Lewatkan! Inilah 6 Manfaat Skincare untuk Kulit Wajah

Ke depan, 99 Group Indonesia berkomitmen untuk terus menjaga semangat Kartini. Sebab, perempuan sudah memainkan peranan penting dalam keputusan pembelian properti, baik sebagai pembeli langsung maupun pengambil keputusan atas properti yang akan dipilih.

VP People 99 Group Tina Doulat mengungkapkan, perempuan Indonesia saat ini telah jauh lebih maju dan mengambil banyak peran strategis di berbagai bidang, termasuk di industri properti. 

"Keterlibatan perempuan dalam industri properti semakin penting dan semakin banyak terlihat dalam industri ini," sebutnya.

Dengan mempertimbangkan perspektif dan kebutuhan perempuan dalam properti, 99 Group berusaha mengembangkan dan mempromosikan layanan, fitur, produk, kegiatan hingga konten edukasi properti yang sesuai dengan perspektif perempuan.

"Hal ini diharapkan mampu memberdayakan para perempuan pencari properti agar bisa semakin mandiri dan mendapatkan wawasan yang cukup dalam mempersiapkan diri untuk memperoleh properti impiannya," imbuhnya Marketing Communication Manager 99 Group Indonesia Elizabeth Cornelia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News