HOME, Keluarga

5 Keterampilan yang Akan Memperluas Kesempatan Anak untuk Sukses di Masa Depan

5 Keterampilan yang Akan Memperluas Kesempatan Anak untuk Sukses di Masa Depan

MOMSMONEY.ID - Saat anak Anda berhasil dalam ujian, sesungguhnya itu tidak menjamin bahwa mereka akan berhasil dalam karir atau hubungan di masa depan.

Berdasarkan penelitian dan pengalaman selama beberapa dekade dari seorang profesor psikologi perkembangan di Temple University, ada beberapa keterampilan penting yang harus diajarkan kepada anak-anak untuk mendorong mereka menjadi individu yang cerdas dan menyiapkannya untuk berhasil dalam hidup.

Melansir iMOM, inilah keterampilan-keterampilan tersebut yang sangat disarankan untuk Anda ajarkan kepada anak-anak Anda sedini mungkin demi memperluas kesempatan mereka untuk sukses di masa depan. Yuk, simak baik-baik!

Baca Juga: Baca Buku Ini Yuk, Bisa Tambah Inspirasi dan Motivasi bagi Perempuan Loh!

1. Berkolaborasi

Mengajarkan anak-anak bagaimana cara berkolaborasi dengan orang lain akan menjadi dasar dari segala kesuksesan mereka di masa depan.

Jadi, Anda sebagai orang tua sangat disarankan untuk memberikan pembelajaran kepada anak tentang bagaimana menahan dorongan ego, bergaul dengan orang lain, serta bekerja sebagai bagian dari tim.

2. Komunikasi secara efektif

Setelah kolaborasi, komunikasi menjadi hal kedua yang tidak boleh orang tua lewatkan untuk diajarkan kepada anak. Pasalnya, keterampilan berkomunikasi dengan orang lain secara efektif sangat perlu anak miliki untuk mendorong kesuksesannya kelak.

Ini berarti anak perlu tahu bagaimana cara berbicara, menulis, membaca, memahami bahasa, dan mendengarkan dengan baik. Anda bisa meningkatkan keterampilan komunikasi anak dengan rutin mengajak mereka berdiskusi, berpendapat, membaca dan mendengarkan buku cerita, serta latihan menulis lebih sering.

3. Memahami konten

Faktanya, memahami dan memproses konten atau isi adalah suatu keterampilan yang penting untuk diajarkan kepada anak-anak.

Jika anak Anda tahu cara belajar atau memahami sesuatu dengan baik, maka ke depannya tidak akan sulit bagi mereka untuk menguasai berbagai bidang dan tantangan apapun.

4. Berpikir kritis

Saat anak Anda mampu berpikir kritis, itu akan membantu mereka untuk membuat keputusan sendiri alih-alih hanya menerima apa yang dikatakan orang lain.

Berpikir kritis didasarkan pada bukti dan logika daripada emosi dan hafalan. Dengan berpikir kritis, anak akan mampu mengevaluasi sesuatu dan tak sekadar menerimanya begitu saja. Selain itu, keterampilan ini juga akan membantu anak untuk tetap tenang di bawah tekanan maupun stres.

5. Berinovasi kreatif

Keterampilan berinovasi kreatif akan membantu anak untuk bisa mengambil dengan baik apa yang sudah mereka ketahui dan membuat sesuatu yang baru.

Sering kali, keterampilan berinovasi kreatif digabungkan dengan keterampilan berpikir kritis karena anak-anak yang berpikir kritis cenderung mampu membuat koneksi di berbagai mata pelajaran untuk menciptakan atau menemukan sesuatu yang baru.

Itulah 5 keterampilan yang penting untuk diajarkan kepada anak-anak sedari dini karena mampu menunjang kesuksesan mereka di masa depan. Selain keterampilan-keterampilan di atas, satu hal lain yang tidak boleh luput untuk diajarkan oleh orang tua kepada anak adalah kepercayaan diri.

Mengapa kepercayaan diri harus dimiliki oleh setiap anak? Karena, rasa percaya diri yang tinggi akan membantu anak merasa cukup aman untuk mengambil risiko, mendorong mereka untuk mengeksplorasi lebih banyak hal, serta meningkatkan potensi untuk sukses.

Jadi, bantulah anak-anak Anda untuk bisa memahami bahwa kegagalan adalah sesuatu yang tidak apa-apa untuk mereka alami. Sebaliknya, keraguan dan ketakutan diri terhadap kegagalan hanya akan membatasi langkah mereka untuk bergerak maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News