HOME, Santai

5 Kesalahan yang Mungkin Dilakukan Saat Menstruasi, Berikut Ini Daftarnya!

5 Kesalahan yang Mungkin Dilakukan Saat Menstruasi, Berikut Ini Daftarnya!

MOMSMONEY.ID - Berada pada masa menstruasi menjadi masa yang cukup merepotkan bagi wanita. Terutama karena banyaknya kewajiban yang harus dilakukan.

Namun tak jarang pula banyak kesalahan-kesalahan yang mungkin secara tidak sadar dilakukan saat sedang menstruasi.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan-kesalahan yang mungkin kerap kali dilakukan wanita saat sedang menstruasi.

Baca Juga: Mulai Perhatikan Sarapan Yuk! Ini Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dimakan Saat Sarapan

Tidak mencuci tangan

Selalu cucilah tangan sebelum atau sesudah mengganti pembalut atau produk lainnya. Mencuci tangan menjadi hal penting yang wajib dilakukan untuk menghindari daerah kewanitaan terhindar dari kuman dan bakteri yang mungkin menempel dan tersalur melalui tangan.

Menggunakan produk yang mengandung wewangian

Laman Healthy Women menjelaskan bahwa mengunakan produk kewanitaan seperti pembalut yang wangi, sabun, dan juga produk lainnya bisa membuat iritasi daerah kewanitaan.

Pastikan untuk tidak menggunakan produk kewanitaan yang mengandung wewangian atau parfum. Cukup gunakan air bersih saja untuk membersihkan area kewanitaan.

Tidak mengganti pembalut dengan rutin

Untuk menjaga kebersihan dan higienitas daerah kewanitaan, penting untuk mengganti pembalut atau produk kewanitaan lainnya secara rutin. Pastikan untuk mengganti pembalut atau tampon dan produk lainnya selama dua hingga empat jam tergantung dari banyaknya flow menstruasi pada hari tersebut.

Baca Juga: Siap-Siap! Ini 4 Serial Terbaru yang Tayang di HBO Bulan Maret Ini!

Tidak berolahraga dan kurang istirahat

Olahraga bisa membantu untuk mengurangi stress, rasa sakit atau kram menstruasi, dan juga memperbaiki kualitas tidur.

Tetap melakukan olahraga saat sedang dalam masa menstruasi disarankan oleh laman Prevention sebagai salah satu cara untuk terhindar dari kram menstruasi. Jangan lupa juga untuk beristirahat cukup juga ya saat sedang menstruasi.

Tidak mencatat tanggal menstruasi

Catatan tanggal menstruasi yang bisa dibuat sendiri atau menggunakan aplikasi berguna untuk mencatat siklus menstruasi bulanan. Selain bisa memantau kesehatan menstruasi dan masa subur, melalui siklus tersebut wanita bisa mempersiapkan diri secara fisik dan juga emosi sebelum memasuki masa menstruasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News