HOME, Keluarga

5 Kesalahan yang Muncul Ketika Menggunakan Air Fryer, Pernah Melakukannya?

5 Kesalahan yang Muncul Ketika Menggunakan Air Fryer, Pernah Melakukannya?

MOMSMONEY.ID - Belakangan ini, air fryer sudah menjadi alat dapur yang banyak ditemui di dapur-dapur Indonesia.

Tak heran, sebab alat yang satu ini memang terkesan canggih karena menawarkan inovasi berupa teknologi menggoreng makanan dengan udara panas. Jadi, makanan yang dihasilkan cenderung akan lebih sehat karena bebas minyak.

Nah, supaya air fryer dapat berfungsi maksimal, alat ini perlu digunakan dengan benar. Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan beberapa kesalahan saat menggunakan air fryer, sehingga kinerjanya tidak sebaik yang semestinya.

Baca Juga: Air Fryer vs Oven Listrik, Mana yang Memasak Makanan Lebih Baik?

Jadi, apa saja kesalahan yang biasanya muncul saat menggunakan air fryer? Berikut daftarnya untuk Anda.

Tidak memanaskan air fryer

Kesalahan pertama yang kerap muncul saat menggunakan air fryer adalah tidak melakukan preheat atau memanaskan air fryer sebelumnya.

Dilansir dari Insider, makanan yang digoreng di dalam air fryer bisa kurang matang jika air fryer tidak dipanaskan terlebih dahulu. Jadi, pastikan Anda mengatur air fryer dengan suhu yang diinginkan dan diamkan beberapa menit sebelum memasukkan makanan ke dalamnya.

Menggunakan air fryer di tempat sempit

Kebanyakan orang tidak menyadari jika air fryer perlu ditempatkan di area yang cukup lapang supaya bisa bekerja dengan baik. Menurut The Kitchn, menggunakan air fryer di tempat sempit akan menghalangi sirkulasi udara sehingga makanan yang dimasak tidak bisa matang dengan baik.

Solusinya, tempatkan air fryer di lokasi atau area yang cukup lapang. Jangan sampai air fryer terhimpit di dekat dinding atau barang-barang lainnya, dan pastikan area di sekitar air fryer juga tahan panas.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Air Fryer Low Watt yang Terjangkau dan Ramah di Dompet

Mengisi air fryer terlalu penuh

Mungkin Anda pernah tergoda untuk memasukkan sebanyak mungkin makanan ke dalam air fryer supaya bisa menikmati makanan dalam jumlah besar sekaligus. Padahal, hal ini sebaiknya dihindari karena bisa merusak kinerja air fryer.

Jika diisi terlalu penuh, udara panas di dalam air fryer tidak akan mendapatkan sirkulasi yang baik, sehingga makanan di dalamnya tidak akan matang merata. Jadi, masaklah dalam jumlah yang lebih sedikit supaya air fryer bisa berfungsi maksimal.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Air Fryer Kapasitas Kecil, Cocok Digunakan Sendirian

Menggoreng makanan yang dibalut adonan basah

Walaupun bernama air fryer, kenyataannya tidak semua jenis gorengan cocok dimasak di dalam alat ini. Jenis gorengan yang dimaksud misalnya corn dog atau tempura, yaitu gorengan yang menggunakan adonan cair dan basah.

Pasalnya, gorengan dengan adonan yang basah tidak akan cepat matang di dalam air fryer. Adonan tersebut justru bisa menetes dan mengotori bagian dalam air fryer, sehingga akan cukup merepotkan saat dibersihkan.

Sebaiknya, goreng makanan yang memiliki adonan tebal dan tidak terlalu basah. Atau, gunakan teknik membalut adonan dengan tepung, telur, dan pelapis seperti tepung roti.

Jarang membersihkan air fryer

Sama seperti peralatan memasak lainnya, air fryer perlu dibersihkan setiap kali selesai digunakan. Menurut Reader’s Digest, menggunakan air fryer dalam keadaan kotor berisiko menimbulkan kontaminasi silang yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Jadi, pastikan Anda membersihkan air fryer secara rutin. Perhatikan juga cara mencuci air fryer yang tepat sehingga alatnya tidak cepat rusak dan tetap awet.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan air fryer. Yuk, mulai hindari kesalahan tersebut supaya air fryer yang Anda gunakan bisa berfungsi dengan maksimal!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News