5 Kesalahan yang Bikin Popcorn Jadi Gagal Mekar

Reporter: Raissa Yulianti
Rabu, 10 Agustus 2022 | 15:30 WIB
5 Kesalahan yang Bikin Popcorn Jadi Gagal Mekar


MOMSMONEY.ID - Gagal membuat popcorn karena biji jagung tak meletup-letup alias gagal mekar? Mungkin Anda membuat beberapa kesalahan saat memasaknya.

Berikut MomsMoney bagikan informasi seputar kesalahan yang sering dilakukan saat membuat popcorn sehingga popcorn jadi tak mekar, dilansir dari Reader’s Digest dan Times of India.

Terlalu banyak minyak

Minyak memang membuat biji jagung meletup dan mengembang sempurna menjadi popcorn, namun terlalu banyak minyak juga tak baik.

Terlalu banyak minyak justru membuat popcorn jadi terlalu basah karena genangan minyak. Jadi, pakailah minyak secukupnya saja, hanya untuk membuat biji jagung mengembang.

Popcorn

Baca Juga: Jarang Minum Air? Ini Daftar 8 Makanan yang Dapat Menghidrasi Tubuh

Biji jagung tua

Kesalahan yang membuat biji jagung tak mengembang jadi popcorn lainnya yaitu menggunakan biji jagung yang sudah tua dan buruk.

Biji jagung yang sudah tua telah terkontaminasi udara dan kelembapan sehingga ketika dimasak jadi tak meletup seperti saat membuat popcorn pada umumnya.

Berhati-hati dengan waktu

Jika membuat popcorn menggunakan microwave, maka jangan ikuti waktu pada timer microwave. Timer microwave dirancang untuk memasak sesuatu dalam jangka waktu lebih lama.

Akan lebih baik untuk langung mengangkat popcorn dari microwave saat popcorn telah mengembang, sebelum popcorn menjadi gosong.

Baca Juga: Promo Baru Pizza Hut Agustus 2022, Aneka Menu Merah Putih dari Minuman hingga Pizza

Pilih minyak yang tepat

Popcorn tidak mekar bisa jadi karena kesalahan penggunaan minyak. Ini karena minyak memiliki titik panas yang berbeda-beda.

Jika menggunakan mentega, maka perlu diketahui bahwa mentega punya titik panas yang rendah sehingga dalam waktu singkat akan membuat popcorn jadi gosong.

Sebagai gantinya, pilihlah jenis minyak yang memiliki titik panas tinggi seperti minyak kanola, minyak jagung, atau minyak biji bunga matahari.

Baca Juga: Promo Ichiban Sushi Agustus 2022, Diskon Sushi Merdeka Hanya Rp 17.000

Mengocok wajan

Jika Anda memasak popcorn pada wajan, jangan lupa untuk mengocoknya. Ini dilakukan agar biji jagung tak mengendap di dasar wajan sehingga lama kelamaan malah menjadi hangus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER