HOME, Keluarga

5 Kesalahan Umum Penggunaan Moisturizer yang Bisa Membuat Kulit Lebih Cepat Menua

5 Kesalahan Umum Penggunaan Moisturizer yang Bisa Membuat Kulit Lebih Cepat Menua

MOMSMONEY.ID - Kita semua tentu sepakat bahwa kulit yang tampak lebih muda erat kaitannya dengan kulit yang lembab. Sementara itu, kekeringan pada kulit hanya akan memperburuk munculnya garis-garis halus dan kerutan serta dapat menonjolkan tampilan kusam dan tidak bernyawa.

Adapun salah satu kunci untuk mewujudkan kulit yang lembab dan terlihat awet muda yaitu dengan rajin menggunakan moisturizer. Meskipun begitu, tak sedikit orang-orang yang tidak mendapatkan manfaat maksimal dari produk moisturizer yang mereka gunakan. Hal tersebut dapat terjadi akibat penggunaan moisturizer yang kurang tepat.

Dilansir dari Annmarie Skin Care, terdapat beberapa kesalahan penggunaan moisturizer yang umum terjadi dalam masyarakat. Sebagai bahan koreksi Anda, inilah kesalahan-kesalahan tersebut.

Baca Juga: Mau Punya Kulit Glowing? Yuk, Biasakan Minum 7 Jus Ini Mulai dari Sekarang!

1. Mengaplikasikan moisturizer pada kulit kering tanpa persiapan

Moisturizer memang terbukti mampu menghidrasi kulit. Maka tak heran jika produk yang satu ini menjadi favorit banyak orang terutama bagi para pemilik kulit kering. Nah, dikarenakan kulit kering biasanya memiliki penumpukan sel kulit mati di permukaannya, maka perlu dilakukan tindakan eksfoliasi sebelum moisturizer diaplikasikan.

Sebaliknya, penumpukan sel kulit mati yang dibiarkan hanya akan menyulitkan moisturizer untuk masuk ke dalam kulit. Jika Anda benar-benar ingin moisturizer yang digunakan menembus kulit kering Anda, maka persiapkan wajah Anda terlebih dahulu dengan cara eksfoliasi. Anda bisa menggunakan scrub yang lembut dengan madu mentah dan yogurt.

Sebaiknya, eksfoliasilah wajah Anda sebelum mandi dan segera oleskan moisturizer sesaat setelah mandi guna membantu mengunci kadar air pada kulit.

2. Menggosokkan moisturizer terlalu keras

Ketika Anda mengoleskan moisturizer secara terburu-buru, manfaat yang terkandung di dalam moisturizer pun akan mudah terampas. Pasalnya, pengaplikasian yang terburu-buru akan menciptakan gesekan antara tangan dan kulit Anda sehingga dapat menyebabkan sebagian kandungan air dalam moisturizer menguap bahkan sebelum sempat bekerja.

Selain itu, tarikan tangan Anda terhadap kulit yang dilakukan terlalu keras ketika terburu-buru mengoleskan moisturizer juga dapat merusak kulit. Akibatnya, penuaan dini dan kerutan pun akan rentan menyerang kulit Anda.

3. Tidak menggunakan moisturizer secara konsisten

Seperti bagian tubuh lainnya, kulit pun perlu dirawat secara rutin. Jika Anda biasanya mengoleskan moisturizer sebanyak 2 kali sehari, kemudian di hari-hari berikutnya hanya mengoleskan moisturizer sebanyak 1 kali untuk beberapa hari, maka bukan tidak mungkin kulit akan bereaksi. Penggunaan moisturizer yang tidak dilakukan secara konsisten ini akan mudah menyebabkan kulit kering, pori-pori tersumbat, atau merespons dengan lebih banyak minyak.

Jadi, pastikan untuk mengatur jadwal menggunakan moisturizer dan terapkan secara konsisten untuk mendapatkan respons yang baik dari kulit Anda.

4. Tidak pernah mengganti moisturizer

Anda mungkin tipe orang yang setia pada satu jenis moisturizer. Akan tetapi, jika Anda telah menggunakan moisturizer yang sama selama 10 tahun, maka kesetiaan Anda tersebut cenderung sia-sia. Pasalnya, kulit mengalami perubahan seiring bertambahnya usia.

Ketika Anda memasuki usia 30-an, maka tidak selayaknya lagi bagi Anda untuk menggunakan moisturizer untuk usia 20-an, begitu juga seterusnya. Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang ada di dalam skincare termasuk pada moisturizer dirancang berbeda untuk setiap usia masing-masing penggunanya.

Tidak hanya usia, pemilihan moisturizer juga harus disesuaikan dengan iklim dan perubahan hormonal seperti menopause atau kehamilan. Kesimpulannya, jangan takut untuk mencoba moisturizer baru jika moisturizer yang Anda gunakan saat ini tidak bekerja dengan baik.

5. Tidak menggunakan moisturizer pada kulit berminyak

Meskipun sudah terasa sangat berminyak, bukan berarti orang-orang dengan tipe kulit berminyak boleh melewatkan penggunaan moisturizer. Sama halnya dengan kulit kering, kulit berminyak pun tetap membutuhkan kelembaban ekstra yang mana hal ini bisa didapatkan dari moisturizer.

Melewatkan penggunaan moisturizer pada kulit berminyak tidak hanya mampu menyingkirkan kelembaban yang dibutuhkan kulit, melainkan juga dapat membuat kulit semakin berminyak. Mengapa demikian? Karena, kulit berminyak yang kurang hidrasi akan mencoba mengembalikan kelembabannya menggunakan minyak itu sendiri sehingga produksi minyak pun otomatis meningkat.

Kendati demikian, para pemilik kulit berminyak diharuskan untuk memilih produk moisturizer yang tepat. Hindarilah moisturizer yang mengandung mineral oil dan bahan penyumbat pori lainnya. Anda bisa memilih moisturizer yang ringan dan lembut atau herbal facial oil untuk melembabkan dan menyeimbangkan minyak pada kulit tanpa menyumbat pori-pori.

Selanjutnya: 5 Masalah Perilaku yang Umum Terjadi pada Balita dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News