HOME, Bugar

5 Kesalahan Saat Olahraga yang Mengakibatkan Berat Badan Tak Kunjung Turun

5 Kesalahan Saat Olahraga yang Mengakibatkan Berat Badan Tak Kunjung Turun

MOMSMONEY.ID - Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, berolahraga sangat baik untuk kesehatan.

Namun, tidak hanya perlu dilakukan secara rutin, olahraga juga perlu dilakukan dengan cara yang benar.

Sayangnya, sebagian orang melakukan beberapa kesalahan pada saat berolahraga, sehingga bisa timbul dampak-dampak buruk seperti cedera dan juga berat badan tidak kunjung turun. 

Baca Juga: 5 Tips Menerapkan Hidup Sehat di Bulan Puasa

Dilansir dari Women Health, inilah beberapa kesalahan yang dilakukan saat olahraga yang mengakibatkan berat badan tidak kunjung turun, antara lain: 

1. Terobsesi dengan sit up

Kesalahan yang dilakukan saat olahraga yang pertama adalah hanya terobsesi dengan sit uop saja. 

Latihan sit up memang dapat melatih otot perut sehingga dapat membuatnya lebih kencang dan ramping. Namun, berlatih sit up secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, untuk mendapatkan perut yang rata dan bebas lemak, latihan sit up secara rutin juga harus dibarengi dengan menjaga asupan kalori yang masuk.

2. Olahraga secara berlebihan

Kesalahan yang dilakukan saat olahraga yang kedua adalah melakukan olahraga secara berlebihan. 

Bagi Anda yang baru mulai berolahraga, terkadang Anda terbawa suasana untuk berolahraga sesering mungkin. Saking semangatnya, Anda bisa melakukannya secara berlebihan.

Untuk mengatasinya, Anda tak perlu terburu-buru untuk membuat olahraga menjadi intens. Mulailah secara perlahan dan pahami kemampuan tubuh Anda sendiri.

Hindari mengangkat beban yang terlalu berat atau melakukan peregangan yang terlalu kuat bila tubuh Anda belum cukup lentur.

3. Hanya memilih latihan yang ringan

Kesalahan yang dilakukan saat olahraga yang ketiga adalah hanya memilih latihan yang ringan saja. 

Anda lebih memilih melakukan olahraga yang ringan tapi dengan durasi yang panjang sehingga Anda tetap dapat membakar banyak kalori.

Bagi wanita berusia di atas 35 tahun dan bagi Anda yang baru rutin berolahraga, memang dianjurkan untuk melakukan latihan yang berintensitas rendah terlebih dahulu untuk membiasakan diri dan otot-otot dalam tubuh.

Namun, jika Anda sudah berolahraga dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda bisa pelan-pelan meningkatkan intensitasnya.

Karena melakukan latihan berintensitas tinggi dapat meningkatkan kekuatanmu dan mempercepat pencapaian tujuanmu berolahraga.

4. Olahraga tanpa rencana

Kesalahan yang dilakukan saat olahraga yang keemapt adalah hanya berolahraga tanpa ada rencana yang jelas. 

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan saat olahraga untuk pemula adalah tidak mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin.

Pada dasarnya, olahraga tanpa rencana hanya akan membuang-buang waktu Anda saja. Sekali lagi, segera cari tahu olahraga apa yang akan dipilih sebelum pergi ke gym.

Kalau Anda masih kesulitan untuk menemukan jenis olahraga yang cocok untuk Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan trainer yang ada.

Baca Juga: Olahraga Ringan yang Bisa Anda Lakukan Selama Bulan Puasa

5. Tidak konsisten

Kesalahan yang dilakukan saat olahraga yang terakhir adalah tidak konsisten. Seorang pemula sering kali melewatkan olahraga ketika merasa lelah dan malas.

Padahal, rahasia mendapatkan tubuh yang bugar adalah konsisten. Ingat, tidak ada jenis olahraga apa pun yang dapat memberikan hasil instan.

Buatlah jadwal agar Anda lebih rutin berolahraga setidaknya dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pada dasarnya, Anda selalu memiliki waktu untuk rutin berolahraga. Hanya saja, hal ini tergantung pada bagaimana Anda menempatkan prioritas pada setiap kegiatan Anda.

Sesibuk apapun diri Anda, bila sudah telanjur rutin berolahraga, maka Anda akan tetap berolahraga apa pun alasannya. Oleh sebab itu, segera lawan rasa malas Anda dan mulailah berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News