HOME, Keluarga

5 Kesalahan Saat Membersihkan Dapur yang Perlu Dihindari

5 Kesalahan Saat Membersihkan Dapur yang Perlu Dihindari

MOMSMONEY.ID - Sama seperti bagian rumah lainnya, dapur juga perlu dibersihkan secara rutin supaya penghuni rumah merasa nyaman saat beraktivitas di dalamnya.

Apalagi dapur sangat mudah kotor karena kegiatan memasak di dapur rentan menghasilkan berbagai sampah dan kotoran. Jadi, membersihkan dapur hukumnya wajib.

Sayangnya, masih ada beberapa kesalahan yang kerap terjadi saat sedang membersihkan dapur. Bukannya bersih, kesalahan ini justru membuat dapur tidak bersih dengan maksimal.

Apa saja kesalahan yang dimaksud? Merangkum Reader’s Digest, Southern Living, dan Eating Well,  berikut penjelasannya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Warna Keramik untuk Lantai Teras Rumah, Dijamin Cantik!

Tidak membersihkan pegangan

Di dapur, Anda bisa menjumpai berbagai pegangan dan tombol, misalnya pada pintu, laci, lemari, kulkas, hingga oven dan microwave.

Saat membersihkan dapur, jangan lupa untuk membersihkan bagian pegangan dan tombol tersebut. Sebab, sebagai area yang sering disentuh berkali-kali dalam sehari, pegangan dan tombol-tombol yang ada di dapur rentan menjadi sarang bakteri.

Tidak membersihkan wastafel

Mungkin Anda berasumsi wastafel tidak perlu dibersihkan karena sering terkena sabun saat mencuci piring. Padahal, wastafel justru kerap menjadi tempat bertumbuhnya bakteri, lo.

Pasalnya, sisa-sisa kotoran, lemak, dan minyak yang menempel pada peralatan makanan bisa saja berpindah ke permukaan wastafel dan tidak terbilas dengan sempurna. Jadi, pastikan Anda membersihkan wastafel.

Membersihkan lantai terlebih dahulu

Membersihkan lantai memang mudah sehingga kadang dilakukan terlebih dahulu sebelum mengerjakan hal lainnya.

Namun, saat Anda nantinya membersihkan meja, lemari, atau kabinet dapur, kotoran dan debu yang menempel akan jatuh ke lantai sehingga lantai yang sudah dibersihkan akan kembali kotor. Proses membersihkan pun akan kurang efektif dan efisien.

Baca Juga: Jenis-Jenis Bahan Meja Dapur, Cocok untuk Penyuka Dapur Minimalis!

Menggunakan pembersih yang keras

Kotoran yang ada di dapur terkadang sulit dibersihkan, sehingga adakalanya penghuni rumah memilih untuk menggunakan pembersih dengan kandungan yang cukup keras.

Sebaiknya pelajari dulu apakah pembersih yang Anda gunakan cocok dengan permukaan yang akan dibersihkan. Sebab, pembersih dengan kandungan yang keras kadang malah akan merusak beberapa jenis bahan, misalnya kayu, granit, dan marmer.

Tidak melakukan disinfeksi

Membersihkan dapur memang penting. Namun, jangan lupa untuk melakukan disinfeksi untuk mematikan bakteri, virus, dan kuman yang mungkin menempel di permukaan dapur.

Anda bisa menggunakan disinfektan yang banyak dijual di pasaran. Sebelum menggunakannya, pastikan disinfektan tersebut aman dipakai di dapur.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap terjadi saat membersihkan dapur. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News