5 Kesalahan Saat Memakai Foundation yang Bisa Bikin Wajah Jerawatan

Reporter: Ana Risma
Rabu, 23 November 2022 | 16:41 WIB
5 Kesalahan Saat Memakai Foundation yang Bisa Bikin Wajah Jerawatan

ILUSTRASI. 5 Kesalahan Saat Memakai Foundation yang Bisa Bikin Wajah Jerawatan.


MOMSMONEY.ID - Hindari 5 kesalahan saat memakai foundation berikut ini karena bisa bikin wajah jerawatan.

Foundation merupakan salah satu produk makeup yang banyak diandalkan para pecinta makeup untuk menutupi imperfection pada wajah. Kini, produk foundation hadir dalam berbagai bentuk, warna, dan hasil akhir.

Namun, pernahkah wajah Anda jadi jerawatan setelah menggunakan foundation? Jika pernah, kira-kira apa ya penyebabnya?

Sebagaimana dilansir dari Popxo, ada 5 kesalahan saat memakai foundation yang bisa bikin wajah jerawatan. Berikut uraiannya.

Baca Juga: 5 Jenis Natural Oil yang Bermanfaat untuk Membantu Mengatasi Stretch Mark

1. Menggunakan foundation kedaluwarsa

Kesalahan pertama saat memakai foundation yang bisa memicu jerawat adalah memakai produk foundation yang sudah melewati masa kedaluwarsa. Meski foundation yang Moms miliki masih banyak isinya, pastikan untuk segera membuangnya apabila sudah kedaluwarsa alih-alih tetap menggunakannya hanya karena sayang.

Biasanya, foundation memiliki daya tahan sekitar 12-18 bulan. Jika foundation mengalami perubahan warna, tekstur, dan aroma, itu tandanya foundation sudah rusak dan tidak layak untuk digunakan lagi.

Apabila Moms menginginkan kulit wajah tetap mulus dan bebas dari jerawat maupun infeksi, selalu ingat untuk rutin mengganti foundation yang lama dengan yang baru ya.

2. Tidak memakai primer

Primer tidak hanya berguna untuk membuat makeup menjadi lebih tahan lama, melainkan juga dapat menjadi penghalang antara kulit dengan foundation.

Tak jarang, foundation mengandung bahan-bahan yang berisiko meracuni kulit seperti pewangi, paraben, BHA, BHT, SLS, dan Ethanolamines.

Dengan melewatkan penggunaan primer sebelum foundation, itu artinya Moms sedang mengabaikan manfaat primer yang mampu mencegah kulit untuk menyerap bahan-bahan berbahaya tersebut.

3. Mengaplikasikan foundation dengan jari

Meskipun jari mampu menciptakan hasil akhir foundation yang alami bak kulit asli, namun mengaplikasikan foundation dengan jari terlebih jika kondisinya kotor merupakan hal yang tidak boleh dilakukan.

Jari yang kotor memang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, kendati demikian, jari yang kotor akan menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

Dibandingkan memakai jari, baiknya Moms menggunakan makeup tools seperti spons maupun brush untuk mengaplikasikan foundation pada wajah guna meminimalkan kesempatan jerawat untuk tumbuh usai menggunakan foundation.

Baca Juga: Punya Masalah Bau Badan? 4 Makanan Ini Berkhasiat untuk Membantu Mengatasi Bau Badan

4. Membaurkan foundation dengan makeup tools yang kotor

Pada penjelasan sebelumnya, MomsMoney menyarankan pada Moms untuk mengaplikasikan foundation menggunakan makeup tools. Namun, satu hal yang perlu Moms ingat yaitu makeup tools yang digunakan haruslah dalam kondisi bersih.

Sesibuk apapun Moms, sempatkanlah untuk mencuci spons maupun brush makeup hingga benar-benar bersih sebelum digunakan kembali. Apabila Moms malas mencucinya, maka siap-siap saja jerawat akan menyerang kulit wajah Moms dalam sekejap.

Hal ini dikarenakan makeup tools yang tidak dibersihkan menyimpan minyak, sisa produk makeup, kotoran, serta sel kulit mati yang tidak lain dan tidak bukan merupakan pemicu jerawat untuk berkembang.

5. Mengunci foundation dengan bedak yang terlalu banyak

Kesalahan terakhir saat memakai foundation yang bisa menyebabkan jerawat yaitu menggunakan terlalu banyak bedak di atas foundation.

Bedak memang akan sangat membantu para pemilik kulit berminyak untuk menyerap minyak berlebih dan menahan kilau pada wajah. Namun, membaurkan bedak terlalu banyak dapat membuat foundation terlihat cakey sekaligus menyumbat pori-pori. Padahal, pori-pori yang tersumbat merupakan awal yang baik bagi jerawat untuk tumbuh dan berkembang.

Sebagai solusi, Moms dapat menggunakan setting spray yang mattifying atau bedak translucent. Karena, kedua produk tersebut mampu mengunci foundation dengan baik tanpa terasa berat di kulit.

Itulah 5 kesalahan saat memakai foundation yang bisa bikin wajah jerawatan. Yuk, hindari!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER