Keluarga

5 Kesalahan Penyebab Makeup Terlihat Berantakan. Yuk, Perbaiki!

5 Kesalahan Penyebab Makeup Terlihat Berantakan. Yuk, Perbaiki!

MOMSMONEY.ID - Ada 5 kesalahan penyebab makeup terlihat berantakan. Cari tahu selengkapnya di sini.

Keberadaan makeup memang sangat membantu untuk menonjolkan fitur menarik sekaligus menyembunyikan ketidaksempurnaan pada wajah.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mengaplikasikan makeup dengan benar sekaligus cara mengontrol jumlah produk yang digunakan secara tepat sesuai dengan jenis serta warna kulit.

Sebaliknya, penampilan wajah akan cenderung terlihat berantakan dan kurang sedap dipandang jika Anda tetap menerapkan berbagai trik makeup yang sebenarnya merupakan kesalahan yang harus dihindari.

Supaya hasil makeup Anda sempurna, pastikan Anda menghindari 5 kesalahan penyebab makeup terlihat berantakan sebagaimana dilansir dari laman BeBeautiful berikut ini.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Pakai Moisturizer Sebelum Makeup, Bikin Makeup Terlihat Mulus!

1. Melewatkan skin preparation

Makeup yang baik dimulai dengan kondisi kulit yang baik pula. Jadi, pastikan untuk tidak melewatkan skin preparation sebelum menerapkan produk makeup apapun supaya hasil akhir dari makeup yang Anda buat terlihat maksimal.

Sebelum memoles wajah Anda dengan makeup, pastikan Anda membersihkan wajah Anda menggunakan facial wash atau micellar water guna menghilangkan residu dan memurnikan pori-pori.

Setelah itu, aplikasikanlah primer untuk membantu makeup bertahan lebih lama pada wajah. Selalu ingat untuk menggunakan primer pada kulit yang telah dilembabkan terlebih dahulu guna menyamarkan kerutan, mengecilkan pori-pori, dan membuat kulit tampak lebih halus.

2. Memakai concealer yang terlalu terang

Concealer dengan warna yang lebih terang memang dapat menutupi lingkaran hitam di bawah mata secara instan. Kendati begitu, concealer dengan warna yang terlalu terang dan jauh dari warna asli kulit justru dapat menciptakan blok terpisah berwarna abu-abu dan menjadikan mata terlihat lebih lelah.

Alih-alih menggunakan concealer yang terlalu terang, alangkah baiknya Anda menutupi lingkaran hitam di bawah mata menggunakan primer yang memiliki warna sedikit lebih terang dari warna foundation yang Anda kenakan.

Kemudian, barulah Anda bisa mengaplikasikan concealer dengan warna yang sama dengan warna kulit Anda.

3. Tidak menggunakan aplikator saat mengaplikasikan foundation

Mengaplikasikan foundation menggunakan jari bukan hanya tidak higienis, namun juga dapat menciptakan hasil akhir makeup yang jauh lebih buruk dari ekspektasi.

Sebaliknya, menggunakan aplikator seperti brush atau sponge untuk membaurkan foundation akan membantu Anda untuk mendapatkan efek yang lebih rapi pada kulit.

Selalu ingat untuk berhati-hati saat mengaplikasikan foundation agar produk yang Anda gunakan tidak berlebihan dan membuat wajah Anda cakey atau terlihat seperti topeng.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Garam untuk Kecantikan Kulit, Bisa Menghilangkan Jerawat!

4. Menggunakan produk yang berkilau dengan tidak tepat

Meskipun cantik dan mampu membantu menonjolkan fitur wajah, namun produk makeup yang berkilau harus benar-benar digunakan secara tepat.

Misalnya, foundation dan eyeshadow yang memiliki efek glossy atau terlalu mengkilat sebaiknya tidak digunakan pada area wajah yang terdapat kerutan atau lingkaran hitam karena cenderung menonjolkan tekstur.

5. Mengaplikasikan terlalu banyak maskara di bulu mata bawah

Maskara adalah salah satu holy grail yang sangat membantu untuk menjadikan mata terlihat jauh lebih hidup.

Meskipun demikian, mengaplikasikan maskara terlalu heboh di bulu mata bagian bawah amat tidak disarankan karena dapat membuat kerutan pada area mata terlihat lebih jelas.

Jadi, pastikan Anda menggunakan maskara secukupnya pada bulu mata bawah untuk menghindari kelopak mata atas terlihat lebih kecil dan mempersempit tampilan wajah Anda. Jika tidak, bulu mata Anda akan terlihat menggumpal, tidak rapi, dan tentu saja tidak alami.

Itulah 5 kesalahan penyebab makeup terlihat berantakan. Jangan diulangi lagi ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News