Keluarga

5 Kesalahan Pakai Bronzer yang Membuat Wajah Terlihat Lebih Tua

5 Kesalahan Pakai Bronzer yang Membuat Wajah Terlihat Lebih Tua

MOMSMONEY.ID - Ini 5 kesalahan pakai bronzer yang membuat wajah terlihat lebih tua. Apa saja?

Salah satu produk makeup yang tergolong unik namun masih sering dilewatkan penggunaannya oleh banyak orang adalah bronzer.

Meski sering terlupakan, faktanya bronzer memiliki kemampuan yang terbilang menarik yaitu bisa meniru pancaran sinar matahari yang kerap muncul saat kita menghabiskan waktu di bawah sinar matahari.

Jika digunakan dengan benar, bronzer dapat menambah pancaran cahaya pada kulit. Sebaliknya, cara pemakaian bronzer yang tidak tepat bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan termasuk membuat wajah terlihat lebih tua.

Merangkum laman Southern Living, berikut 5 kesalahan pakai bronzer yang membuat wajah terlihat lebih tua.

Baca Juga: Bisa Mengurangi Keriput, 4 Manfaat Alpukat untuk Kulit Kering yang Harus Anda Tahu

1. Memakai terlalu banyak

Kesalahan pakai bronzer yang membuat wajah terlihat lebih tua pertama yaitu memakai terlalu banyak. Mungkin Anda kerap terlalu bersemangat saat mengaplikasikan bronzer sehingga tidak sadar bahwa bronzer yang Anda ambil terlalu banyak.

Padahal, memakai bronzer terlalu banyak akan membuat hasilnya terlihat tidak alami. Juga, bisa memperjelas tampilan hiperpigmentasi pada wajah Anda.

Sebaiknya, ambil bronzer secukupnya lalu aplikasikan pada tempat yang tepat yaitu area wajah yang sering terkena sinar matahari seperti dahi, tulang pipi, garis rahang, dan bagian atas hidung.

2. Memakai bronzer dengan shade yang terlalu gelap

Kesalahan pakai bronzer yang membuat wajah terlihat lebih tua kedua yaitu memakai bronzer dengan shade yang terlalu gelap.

Menggunakan bronzer dengan shade yang terlalu gelap bisa membuat hasilnya terlihat sangat palsu. Selain itu, bronzer yang terlalu gelap juga rentan memperjelas tekstur kulit serta garis-garis halus.

Sebagai gantinya, pilihlah bronzer yang tidak lebih dari dua shade lebih gelap dari warna alami wajah Anda.

3. Hanya memakai bronzer berbentuk powder

Kesalahan pakai bronzer yang membuat wajah terlihat lebih tua ketiga yaitu hanya memakai bronzer berbentuk powder.

Dibandingkan anak-anak atau remaja, kulit orang dewasa lebih rentan menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, kehilangan kolagen, dan kekusaman. Jika Anda bersikeras untuk terus mengandalkan produk makeup berbentuk powder termasuk bronzer, itu hanya akan meningkatkan penampilan yang tidak diinginkan serta bisa membuat kulit semakin kering.

Alih-alih begitu, pertimbangkanlah untuk mengganti bronzer powder pilihan Anda dengan variasi liquid atau cream guna menambah hidrasi dan kelembaban pada kulit. Kelebihan lain dari bronzer berbentuk liquid atau cream yaitu dapat menempel dengan lebih halus pada area wajah yang dihinggapi kerutan dan garis-garis halus.

Baca Juga: 6 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Berminyak, Atasi Jerawat hingga Mencerahkan

4. Melewatkan penggunaan primer

Kesalahan pakai bronzer yang membuat wajah terlihat lebih tua keempat yaitu melewatkan penggunaan primer. Primer dapat memberikan keajaiban terutama bagi mereka yang memiliki garis-garis halus di wajahnya.

Tak hanya mampu membuat makeup menjadi lebih tahan lama, primer juga bisa membantu mencegah patchy dengan menjaga produk makeup agar tidak menempel pada tekstur atau kulit yang kering.

Apabila Anda melewatkan penggunaan primer, bronzer yang Anda aplikasikan akan menjadi lebih mudah bergeser dan mengalami creasing (kusut).

5. Memakai bronzer yang mengandung shimmer berlebih

Kesalahan pakai bronzer yang membuat wajah terlihat lebih tua terakhir yaitu memakai bronzer yang mengandung shimmer berlebih.

Bronzer dengan formula shimmer memang bisa memikat dan memancarkan kilau yang instan. Kendati demikian, bronzer semacam ini kurang bagus untuk kulit orang dewasa karena dapat mempertajam tampilan garis-garis halus, kerutan, dan tekstur kulit.

Alangkah baiknya, pilihlah bronzer matte atau bebas shimmer jika tidak mau wajah Anda jauh dari kesan flawless. Apabila ingin menambahkan kilau pada wajah, pakailah highlighter sebagai gantinya pada bagian paling atas tulang pipi.

Nah, itulah 5 kesalahan pakai bronzer yang membuat wajah terlihat lebih tua. Yuk, hindari dan perbaiki sekarang juga!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News