Keluarga

5 Kesalahan Menggunakan Skincare Niacinamide yang Sering Terjadi

5 Kesalahan Menggunakan Skincare Niacinamide yang Sering Terjadi

MOMSMONEY.ID - Segera perbaiki, inilah 5 kesalahan menggunakan skincare niacinamide yang sering terjadi tanpa disadari.

Niacinamide menjadi salah satu superstar di dunia skincare. Hal ini karena niacinamide dikemas dengan sederet manfaat yang disukai kulit mulai dari mencerahkan hingga memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Niacinamide alias vitamin B3 juga mampu membantu meningkatkan kelembaban serta ketahanan kulit. Plus, membantu mengontrol minyak dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Di balik manfaatnya yang melimpah, kulit Anda tetap tidak akan merasakan manfaat niacinamide dengan maksimal apabila cara mengaplikasikannya salah.

Dirangkum India Today, berikut 5 kesalahan menggunakan skincare niacinamide yang mungkin sering Anda lakukan tanpa disadari.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Harga Parfum Mahal, Bahan Baku Sangat Berpengaruh!

1. Hanya menggunakan niacinamide untuk mengatasi jerawat aktif

Kesalahan menggunakan skincare niacinamide yaitu hanya menggunakan niacinamide untuk mengatasi jerawat aktif.

Sebaiknya, Anda tidak hanya mengandalkan niacinamide untuk mengendalikan jerawat aktif. Kendati niacinamide mampu mengontrol produksi sebum dan memiliki sifat anti-inflamasi, namun hanya menggunakan niacinamide untuk mengatasi jerawat aktif dan persisten bukanlah cara yang terbaik.

Alih-alih memakai niacinamide sendirian, pastikan juga menggunakan skincare dengan kandungan benzoyl peroxide atau adapalene jika ingin menyingkirkan jerawat yang aktif dan tergolong parah.

2. Memakai niacinamide dengan konsentrasi tinggi untuk pertama kalinya

Kesalahan menggunakan skincare niacinamide berikutnya yaitu memakai niacinamide dengan konsentrasi tinggi untuk pertama kalinya.

Meskipun niacinamide termasuk bahan yang menenangkan dan tidak mengiritasi, namun mengaplikasikan skincare niacinamide dengan konsentrasi 10% atau lebih untuk pertama kalinya dapat mengiritasi kulit, terutama jika kulit Anda bertipe sensitif.

Untuk pemula, cobalah skincare niacinamide dengan konsentrasi 5% terlebih dahulu alih-alih lebih. Seiring waktu, barulah Anda bisa meningkatkan konsentrasinya saat kulit Anda sudah terbiasa dengan niacinamide.

3. Mengandalkan niacinamide untuk menghilangkan flek hitam

Selanjutnya, kesalahan menggunakan skincare niacinamide yaitu mengandalkan niacinamide untuk menghilangkan flek hitam.

Jika Anda ingin menghilangkan flek hitam, jangan hanya mengandalkan penggunaaan skincare yang mengandung niacinamide ya.

Niacinamide memang membantu dalam mengurangi flek hitam karena bisa menyebabkan redistribusi melanosom. Namun, niacinamide termasuk agen pencerah kulit yang tergolong ringan. Untuk memudarkan flek hitam yang lebih intens, gunakanlah skincare yang mengandung alpha arbutin atau kojic acid.

Baca Juga: Bisa Mengurangi Keriput, 4 Manfaat Alpukat untuk Kulit Kering yang Harus Anda Tahu

4. Tidak mengaplikasikan niacinamide pada kulit yang lembab

Niacinamide akan memberikan hasil terbaik saat diaplikasikan pada kulit yang lembab.

Namun, jika Anda mengombinasikan niacinamide dengan bahan aktif skincare lainnya, Anda bisa mengaplikasikan niacinamide pada kulit yang kering.

5. Tidak menggunakan niacinamide dengan konsisten

Kesalahan menggunakan skincare niacinamide yang terakhir yaitu tidak menggunakan niacinamide dengan konsisten.

Konsistensi adalah kunci untuk mendapatkan hasil terbaik dari penggunaan produk skincare apapun tidak terkecuali niacinamide. Jika tidak, jangan heran ketika Anda tak kunjung mendapatkan hasil yang diinginkan pada kulit Anda.

Untuk melihat peningkatan warna dan tekstur kulit, Anda harus mengaplikasikan skincare niacinamide secara teratur setidaknya selama 4-6 minggu.

Itulah 5 kesalahan menggunakan skincare niacinamide yang sering terjadi tanpa disadari. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News