Keluarga

5 Kesalahan Mandi yang Bisa Menyebabkan Jerawat Punggung, Hindari Ya!

5 Kesalahan Mandi yang Bisa Menyebabkan Jerawat Punggung, Hindari Ya!

MOMSMONEY.ID - Sedang mengalami jerawat di area punggung? Pastikan Anda menghindari 5 kesalahan mandi yang bisa menyebabkan jerawat punggung berikut ini.

Ada banyak penyebab jerawat punggung atau disebut juga sebagai bacne. Dari banyaknya penyebab yang ada, mandi menjadi salah satu penyebab yang sering diabaikan dan bahkan tidak dikenali.

Melansir laman Parade, para dokter kulit bersertifikat menguraikan 5 kesalahan mandi yang bisa menyebabkan jerawat punggung. Apa saja? Inilah penjelasannya yang patut Anda simak sampai akhir.

Baca Juga: Bagus untuk Perkembangan Motorik, Ketahui 7 Manfaat Melukis untuk Anak-Anak

Jerawat punggung

1. Tidak segera mandi

Secara teknis, kesalahan ini tidak terjadi saat mandi. Namun, masih ada hubungannya dengan rutinitas mandi.

Tidak segera mandi terutama saat berkeringat bisa menjadi momok bagi kulit. Saat Anda tetap mengenakan pakaian yang dipenuhi keringat dan tidak buru-buru mandi, itu bisa memicu pertumbuhan bakteri yang kemudian dapat menyebabkan jerawat punggung.

Jadi, segeralah mandi saat berkeringat. Atau, setidaknya gantilah pakaian Anda yang sudah dipenuhi keringat dengan pakaian yang masih bersih dan kering.

2. Memakai sampo atau kondisioner comedogenic

Produk rambut yang bersifat comedogenic atau menyumbat pori-pori merupakan salah satu penyebab jerawat punggung yang jarang dikenali. Tak sampai di situ, produk rambut yang mengandung bahan yang menyumbat pori-pori juga dapat menyebabkan dan memperburuk jerawat terutama di dahi atau di sepanjang garis rambut.

Beberapa bahan comedogenic yang perlu Anda waspadai di antaranya sodium lauryl sulfates, sodium laureth sulfates, coconut oil, dan argan oil. Apabila bahan-bahan tersebut meluncur dan menempel di punggung, itu bisa dengan mudah menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

Jika Anda sering mengalami jerawat di punggung, maka sudah saatnya bagi Anda untuk mencari sampo atau kondisioner yang tidak mengandung bahan-bahan tadi.

3. Membersihkan tubuh sebelum rambut

Jika sampo atau kondisioner yang biasa Anda gunakan mengandung bahan-bahan comedogenic seperti yang sudah disebutkan, pastikan Anda tidak membersihkan tubuh sebelum rambut ya.

Membersihkan tubuh sebelum rambut hanya akan membuat residu produk rambut yang Anda pakai bertahan di kulit tubuh alih-alih dihilangkan oleh sabun mandi.

Untuk mencegah timbulnya jerawat punggung, selalu ingat untuk mencuci bagian rambut terlebih dahulu sebelum bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: 4 Manfaat Rasa Bosan untuk Anak-Anak, Salah Satunya Mengembangkan Kreativitas

4. Suhu air tidak tepat

Percaya atau tidak, suhu air saat mandi benar-benar bisa memengaruhi kulit lho. Air yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat menjadi faktor penyebab jerawat di bagian tubuh.

Air yang terlalu panas akan membuka pori-pori dan memungkinkan produksi sebum berlebih. Sementara itu, air yang terlalu dingin bisa menutup pori-pori kulit serta mencegah sekresi sebum dan bakteri.

Sebagai solusi, mandilah dengan air bersuhu ruang atau suam-suam kuku.

5. Terlalu sering menggunakan handuk yang sama

Menggunakan handuk yang sama beberapa kali mungkin terkesan bagus dan ramah untuk lingkungan.

Faktanya, terlalu sering menggunakan handuk yang sama rentan memicu pertumbuhan jerawat punggung.

Guna mencegah punggung dipenuhi jerawat, ganti dan cucilah handuk Anda setidaknya seminggu sekali. Jika tidak, bakteri pada handuk akan menumpuk dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

Itulah 5 kesalahan mandi yang bisa menyebabkan jerawat punggung. Sebagai tambahan, Anda dapat mempertimbangkan untuk memakai sabun mandi yang mengandung benzoyl peroxide guna membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat punggung dari kulit sekaligus mengurangi peradangan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News