HOME, Keluarga

5 Kesalahan Makeup yang Membuat Kulit Wajah Semakin Kering

5 Kesalahan Makeup yang Membuat Kulit Wajah Semakin Kering

MOMSMONEY.ID - Teknik makeup yang kurang tepat berisiko menciptakan hasil akhir makeup yang kurang perfect. Hal ini berlaku untuk semua jenis kulit termasuk kulit kering.

Ketika cara dan produk makeup yang digunakan tidak sesuai, maka penampilan kulit kering akan tampak lebih menonjol. Meskipun begitu, bukan berarti para pemilik kulit kering tidak boleh memakai makeup sama sekali.

Nah, supaya hasil makeup sempurna, ada beberapa hal dalam ber-makeup yang harus dihindari jikalau kulit Moms bertipe kering. Melansir BeBeautiful, inilah 5 kesalahan makeup yang berisiko membuat kulit wajah semakin kering. Yuk, simak!

Baca Juga: Inilah 7 Cara Memanjang Rambut Secara Efektif, Tidak Sulit!

1. Tidak menggunakan hydrating primer

Melewatkan penggunaan primer menjadi kesalahan pertama yang bisa membuat kulit kering Moms menjadi semakin kering. Padahal, primer sangat penting untuk membantu menciptakan dasar makeup yang halus.

Di pasaran, ada banyak sekali produk primer yang telah disesuaikan dengan masing-masing jenis kulit. Untuk kulit kering, hydrating primer sangat lah pas untuk dipilih. Selain menciptakan dasar makeup yang halus dan dewy, primer jenis ini juga mengandung bahan-bahan yang berguna untuk menghidrasi dan mencegah kulit mengalami kekeringan.

2. Mengaplikasikan foundation dengan brush

Supaya higienis, baiknya foundation diaplikasikan dengan makeup tools berupa brush atau sponge. Kendati demikian, penggunaan brush untuk mengaplikasikan foundation tidak disarankan ketika musim dingin tiba. Pasalnya, menggunakan brush untuk membaurkan foundation pada wajah di kala musim dingin berisiko membuat kulit semakin kering.

Sebaiknya, Moms menggunakan sponge yang dibasahi untuk menggantikan brush dan menciptakan tampilan foundation yang mulus alami. Selalu ingat untuk memeras kelebihan air pada sponge sebelum digunakan agar hasil akhir foundation maksimal.

3. Menggunakan bedak ke seluruh wajah

Apabila kulit Moms kering, maka membedaki seluruh wajah menjadi sebuah larangan yang benar-benar harus dihindari. Meskipun terdapat beberapa area tertentu pada wajah yang cenderung berminyak seperti T-Zone, namun Moms tetap disarankan untuk tidak membaurkan bedak ke seluruh bagian wajah.

Sebagai gantinya, Moms bisa fokus menggunakan bedak hanya pada area wajah yang rentan berkerut seperti dahi, area bawah mata, hidung, dan garis senyum dengan menepuk-nepuknya secara ringan.  

4. Menggunakan powder blush

Kesalahan makeup yang dapat membuat wajah terlihat semakin kering selanjutnya ialah menggunakan powder blush. Alangkah baiknya, Moms menghindari produk makeup apapun yang berbentuk powder atau bubuk seperti powder blush terutama pada saat musim dingin. Mengapa begitu? Karena, produk makeup berbentuk powder hanya akan membuat kekeringan pada kulit tampak lebih menonjol.

Daripada powder blush, cream blush atau liquid lipstick jauh lebih recommended untuk Moms pilih guna menciptakan rona merah yang natural pada pipi.

5. Tidak menggunakan face mist yang menghidrasi

Face mist yang memiliki formula menghidrasi bisa menjadi penyelamat untuk kulit kering Moms. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Moms untuk selalu memiliki stok face mist dengan jenis ini untuk mengatasi kulit kering Moms secara instan.

Jangan lupa untuk memilih produk face mist yang mengandung bahan-bahan alami yang baik untuk kulit kering seperti white tea dan bamboo extract agar kulit terlihat montok dan bercahaya serta terhindar dari dehidrasi.

Moms, selain menghindari kelima kesalahan di atas, jangan lupa untuk rutin skincare-an dan minum air putih dengan cukup setiap hari supaya kulit dapat terhidrasi dari dalam.

Selanjutnya: Inilah 3 Tanda Bahwa Kulit Ikutan Stres Juga, Sudah Tahu?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News