HOME, Keluarga

5 Kesalahan dalam Menggunakan Foundation yang Bisa Menimbulkan Jerawat

5 Kesalahan dalam Menggunakan Foundation yang Bisa Menimbulkan Jerawat

MOMSMONEY.ID - Foundation merupakan salah satu produk makeup yang banyak diandalkan para pecinta makeup untuk menutupi imperfection pada wajah. Kini, produk foundation hadir dalam berbagai bentuk, warna, dan hasil akhir.

Namun pernahkah wajah Moms menjadi berjerawat setelah menggunakan foundation? Jika pernah, kira-kira apa ya penyebabnya?

Bisa jadi, Moms melakukan 5 kesalahan dalam menggunakan foundation berikut ini sebagaimana dilansir dari Popxo. Yuk, simak baik-baik dan benahi sekarang juga!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tone Up Body Lotion, Mencerahkan Kulit Seketika!

1. Menggunakan foundation kedaluwarsa

Kesalahan pertama dan tak terbantahkan dalam menggunakan foundation yang memicu tumbuhnya jerawat adalah memakai produk foundation yang sudah melewati masa kedaluwarsa. Meski foundation yang Moms miliki masih banyak isinya, pastikan untuk segera membuangnya apabila sudah kedaluwarsa alih-alih tetap menggunakannya hanya karena sayang.

Biasanya, foundation memiliki daya tahan sekitar 12-18 bulan. Jika foundation mengalami perubahan warna, tekstur, dan aroma, itu tandanya foundation sudah rusak dan tidak layak untuk digunakan lagi. Apabila Moms menginginkan kulit wajah tetap mulus dan bebas dari jerawat maupun infeksi, selalu ingat untuk rutin mengganti foundation yang lama dengan yang baru ya.

2. Tidak menggunakan primer

Primer tidak hanya berguna untuk membuat makeup menjadi lebih tahan lama, melainkan juga dapat menjadi penghalang antara kulit Anda dengan produk foundation itu sendiri.

Tak jarang, foundation mengandung bahan-bahan yang berisiko meracuni kulit seperti pewangi, paraben, BHA, BHT, SLS, dan Ethanolamines. Dengan melewatkan penggunaan primer sebelum foundation, itu artinya Moms sedang mengabaikan manfaat primer yang mampu mencegah kulit untuk menyerap bahan-bahan berbahaya tersebut.

3. Mengaplikasikan foundation dengan tangan kosong

Meskipun jari mampu menciptakan hasil akhir foundation yang alami bak kulit asli, namun mengaplikasikan foundation dengan jari terlebih jika kondisinya kotor merupakan hal yang tidak boleh dilakukan. Jari yang kotor memang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, kendati demikian, jari yang kotor akan menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

Dibandingkan memakai jari, baiknya Moms menggunakan makeup tools seperti spons maupun brush untuk mengaplikasikan foundation pada wajah guna meminimalkan kesempatan jerawat untuk tumbuh usai menggunakan foundation.

4. Tidak mencuci makeup tools

Pada penjelasan sebelumnya, MomsMoney menyarankan pada Moms untuk mengaplikasikan foundation menggunakan makeup tools. Namun, satu hal yang perlu Moms ingat yaitu makeup tools yang digunakan haruslah dalam kondisi bersih.

Sesibuk apapun Moms, sempatkanlah untuk mencuci spons maupun brush makeup hingga benar-benar bersih sebelum digunakan kembali. Apabila Moms malas mencucinya, maka siap-siap saja jerawat akan menyerang kulit wajah Moms dalam sekejap. Hal ini dikarenakan makeup tools yang tidak dibersihkan menyimpan minyak, sisa produk makeup, kotoran, serta sel kulit mati yang tidak lain dan tidak bukan merupakan pemicu jerawat untuk berkembang.

5. Memakai bedak terlalu banyak di atas foundation

Kesalahan terakhir penggunaan foundation yang bisa menyebabkan jerawat adalah memakai bedak terlalu banyak di atas foundation. Bedak memang akan sangat membantu para pemilik kulit berminyak untuk menyerap minyak berlebih dan menahan kilau pada wajah. Namun, membaurkan bedak terlalu banyak dapat membuat foundation terlihat cakey sekaligus menyumbat pori-pori. Padahal, pori-pori yang tersumbat merupakan awal yang baik bagi jerawat untuk tumbuh dan berkembang di atas kulit wajah Moms.

Selanjutnya: Warna Kuku Dapat Menunjukkan Kondisi Kesehatan Anda, Kuku Kuning Artinya Apa?

Sebagai solusi untuk mengurangi penggunaan bedak berlebihan, Moms dapat menggunakan setting spray bersifat mattifying atau bedak translucent. Karena, kedua produk tersebut akan mengunci foundation dengan baik tanpa terasa berat di kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News